Keuangan

Menyiasati Keuangan Di Bulan Pertama Bekerja

Mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan atau kantor memang menyenangkan ya. Apalagi kalau bicara soal gajian. Kamu akan mendapatkan pemasukan tetap per bulan untuk menghidupi diri kamu dan keluarga.

Hal tersebut akan didapat setelah satu bulan bekerja. Tapi bagaimana bila kalian baru masuk atau sedang menjalani bulan pertama di kantor? Tentunya harus pintar mengatur sisa uang kalian agar bisa bertahan sampai pada tanggal gajian.

Berikut ini beberapa cara untuk menyiasati keuangan di bulan pertama bekerja. Cekidot!

Perhitungkan Pengeluaran Harian

Hal ini mencakup uang transportasi dan uang makan kalian. Perkirakan jumlah uang yang harus kalian keluarkan untuk dua pos penting tersebut. Cari alternatif sefisien mungkin dari segala pilihan yang ada. Contohnya, di Jakarta akan jauh lebih hemat jika kita naik motor pribadi dibandingkan harus pakai angkutan umum.

keuangan-2

Kalian juga bisa menekan pengeluaran harian kalian dengan membawa bekal makanan dari rumah serta meminta tumpangan kepada teman kantor yang searah dengan kalian. Jangan lupa untuk membalas jasa teman kalian ya setelah gajian nanti, bro.

Tentukan Prioritas

Berhati-hatilah dalam menggunakan sisa uang kalian selama menjalani bulan pertama bekerja di kantor. Keluarkan untuk hal yang penting dan yang memang diperlukan saja. Bila kalian seorang perokok aktif, cobalah untuk berhenti merokok. Selain baik untuk kesehatan tubuh, hal ini pun baik untuk kesehatan saku kalian.

keuangan-3

Bawa Uang Secukupnya

Kamu perlu membagi sisa uang yang ada menjadi satu bulan hari kerja. Kemudian kamu cukup membawa uang yang kamu perlukan per hari dan sisanya kamu simpan di rumah. Ini akan menyelamatkan kamu dari pemborosan serta menahan kamu dari pengeluaran yang tidak diperlukan.

keuangan-4

Meminjam Uang Kepada Orang Terdekat

Sebagai karyawan baru yang belum merasakan gajian, tentunya akan sangat terasa perjuangan kalian di bulan pertama bekerja. Untuk memenuhi kebutuhan harian kalian di bulan pertama kerja, kalian bisa meminjam uang secukupnya dari orang terdekat kalian ya.

keuangan-5

Tapi cara ini sama sekali tidak dianjurkan. Hal ini boleh dilakukan jika kalian dalam keadaan terdesak dan sudah tidak memiliki uang cadangan. Yang pasti kalian harus kembalikan uang pinjaman kalian kepada pemiliknya setelah gajian nanti ya, bro.

Memulai sesuatu yang baru memang perlu perjuangan. Begitu juga ketika kita baru menjalani pekerjaan di kantor yang baru. Perlu perjuangan dan kesabaran dalam mengatur keuangan sampai tiba hari gajian. Selalu ingat, tidak ada satu orang pun yang terlahir sukses! Selamat berhemat.