Terkini

Menyusuri Kejayaan Condet

Hanya diingat sebagai daerah di pinggir Timur Jakarta, berteman banjir, dan padatnya penduduk, mungkin hanya itu yang dikenal saat ini dari Condet, sebuah daerah yang sempat jadi perkampungan Betawi era 70-an.

Dikelilingi aliran sungai Ciliwung membuat Condet memiliki ekosistem yang baik dan perjalanan sejarah yang panjang. Mulai dari zaman prasejarah sampai kolonial telah dirasakan oleh daerah yang terkenal dengan buah salaknya ini.

Lanang Indonesia berkesempatan menelusuri sisa-sisa peninggalan tersebut dalam acara Lacak Artefak yang diadakan oleh beberapa kalangan seperti Arkeolog dan Antropolog pada Sabtu kemarin. Acara ini mengenalkan beberapa tempat bersejarah yakni bangunan kolonial Villanova, pemakaman Belanda, dan kebun salak, lalu di akhiri dengan makan siang bersama di markas komunitas Ciliwung yang masih berada di wilayah Condet.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa komunitas seperti Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), BikeToWork dan Komunitas Ciliwung. Setelah makan siang, acara diisi dengan bertukar pendapat tentang sejarah Condet dan pengalaman apa yang didapat selama menyusurinya.

Sponsored Links