Gaya Hidup

Meracik Sendiri Minuman Sehat

Beberapa bulan ini cuaca memang tidak tentu ya bro, pagi cerah tapi sore atau malam hujan lebat. Terkadang musim pancaroba begini yang membuat stamina tubuh kita tidak stabil dan mudah terserang penyakit. 

Selain menjaga pola makan, minum vitamin jadi asupan tambahan yang wajib. Jangan lupa banyak minum air putih dan minuman menyegarkan serta menyehatkan yang membangkitkan semangat.

Nah, untuk minuman yang dapat membuat kalian tetap semangat kala hujan lebat ataupun sebagai pelepas dahaga saat terik matahari menyengat, LanangIndonesia punya rekomendasi minuman buat kalian. Selain bahan dan meraciknya mudah, minuman ini berkhasiat pula. Yuk coba racik sendiri di rumah atau ditempat kerja kalian.

Kopi Rempah

Agar mendapatkan sensasi rasa dan aroma khas yang beda serta lebih berkhasiat dari secangkir kopi hitam yang biasa kita minum, tambahkan 3 butir kapulaga hijau dan 5 cm jahe yang dimemarkan ke dalam kopi kalian bro.

kopi1

Kopi hitam pekat yang hangat membuat tubuh segar di cuaca dingin, sedapnya aroma serta rasa khas berupa sedikit pedas dari kapulaga akan tercecap saat menyeruput kopi. Tidak ketinggalan, rasa jahe akan membuat tenggorokan kalian terasa lega.

Jika ingin mendapatkan rasa hangat dominan dari jahe, gunakan jahe parut sebanyak 1 sendok makan atau jahe merah. Wah, semakin menghangatkan badan!

Sari Kedelai Eksotik

Selain kaya protein, sari kedelai hangat semakin nikmat dihidangkan saat musim hujan. Tambahkan beberapa rempah dapur ke dalam rebusan sari kedelai untuk menciptakan rasa eksotik yang menenangkan dan membuat rileks.

kopi2

Kalian dapat membeli sari kedelai siap minum di supermarket bro, lalu hangatkan 1 gelas (250 ml) sari kedelai bersama 3 butir cengkeh, 5 cm kayu manis batang (jika tidak ada dapat menggunakan kayu manis bubuk secukupnya), dan 1 batang serai yang dimemarkan. Angkat lalu  sisihkan cengkeh, kayu manis dan serai. Tuang sari kedelai ke dalam gelas yang telah berisi 1 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sdm madu (sesuai selera), aduk cepat.

Dijamin selain nikmat minuman ini menambah stamina kalian. Cocok dikonsumsi untuk kalian yang sering lembur bro.

Teh Mint

Selain teh tubruk dari teh melati, kalian dapat menggunakan jenis teh hijau untuk membuat minuman yang cocok dihidangkan saat musim hujan ini.

Caranya, siapkan setangkai daun mint lalu petiki daunnya, sobek-sobek dan tempatkan dalam gelas atau mug, tuangi teh panas. Selagi panas, hirup aroma segar dari daun mint yang keluar dan nikmati teh setelah hangat.

kopi3

Segarnya aroma mint tersebut mampu menjadi aromaterapi yang menenangkan. Selain juga dapat penghalau stres, melegakan pernafasan, mengurangi gatal pada tenggorokan dan mengobati batuk. Jika ingin manis, tambahkan madu atau gula batu ke dalamnya.

Es Asam & Gula Jawa

Meracik minuman yang berkhasiat untuk mengatasi disentri, bau mulut dan sakit tenggorokan ini, kalian dapat menggunakan asam jawa matang atau buah asam jawa sebagai bahan utamanya.

Cukup rebus 200 gr gula jawa, 200 gr asam jawa, dan 150 gr gula pasir (sesuai selera) bersama 2 liter hingga mendidih. Angkat lalu saring dan diamkan/dinginkan. Saat menyajikan, tambahkan es batu agar semakin segar. 

kopi4

Minuman yang cocok untuk musim panas ini dapat menjadi mood booster kalian bro. Racik dalam jumlah banyak lalu tempatkan dalam botol minuman/tubbler kalian dan simpan dalam lemari es. Jadi kapanpun mau icip minuman menyegarkan ini, kalian dapat menikmati dengan cepat dan mudah.

Es Mentimun Serut

Ini minuman yang paling mudah dibuat, murah harganya dan sangat menyegarkan.

Untuk membuat segelas Es Mentimun Serut, kalian cukup membutuhkan 1 buah mentimun ukuran sedang yang dikupas kulit dan dibuang bijinya. Lalu serut memanjang dengan parutan keju.

kopi5

Masukkan serutan mentimun ke dalam gelas, tambahkan 3 sdm madu (sesuai selera), air jeruk nipis dari perasan 1 buah jeruk nipis (5 sdm), es batu dan air secukupnya. Dalam sekejap, minuman menyegarkan yang cocok untuk panas dalam siap disajikan.

Selain jeruk nipis, kalian dapat menggunakan air perasan jeruk lemon dengan takaran sesuai selera. Akan lebih wangi namun lebih masam! Variasi lain juga dapat ditambahkan biji selasih, nata de coco atau jelly.

Sekarang kalian sudah punya 5 racikan minuman yang berkhasiat dan menyegarkan untuk musim pancaroba. Jadi mau buat yang mana dulu nih bro?