Sosok

Mereka yang Berkontribusi Lewat Teknologi

Dibalik kemudahan teknologi yang kita rasakan sekarang ternyata tak lepas dari peranan orang-orang yang punya dedikasi tinggi dan berkontribusi sepenuh hati. Siapa sajakah?

 

Steve Jobs

Ia dikenal sebagai pebisnis dan tokoh penemu dari Amerika. Banyak posisi penting yang pernah ditempatinya seperti pejabat eksekutif Pixar Animation Studios dan dewan direktur The Walt Disney Company. Yang paling membuatnya fenomenal adalah saat merintis perusahaan teknologi Apple yang melahirkan banyak gadget terkenal.

 

Bill Gates

Tercatat sebagai mahasiswa tercerdas di Harvard untuk bidang komputer membuat dirinya punya karier yang cemerlang. Kecerdasannya ini membuat dirinya melahirkan banyak gadget dan sistem komputasi canggih. Penemuan mutakhirnya adalah sistem Microsoft Windows yang dibesut banyak gadget.

 

Grace Hopper

Laksamana Dr.Grace Murray Hopper dikenal sebagai "Ibu dari komputer". Setelah Perang Dunia II, Hopper ditempatkan di Harvard, di mana ia bekerja untuk pengembangan IBM-Harvard Mark 1, komputer skala besar pertama di AS. Dr. Hopper juga menemukan compiler, yang menerjemahkan bahasa tertulis dalam kode komputer dan menciptakan istilah "bug" untuk komputer.

 

Stephanie Kwolek

Ia merupakan penemu bahan pelindung anti peluru yang disebut Kevlar. Temuannya ini sangat memberi dampak pada kemajuan teknologi pada tahun 1965. Berkat temuannya ini jutaan orang bisa tetap hidup meskipun tertembak. Tak hanya untuk pakaian militer, penggunaan Kevlar juga sangat luas meliputi industri berat, sampai pakaian para Astronot.

 

Martin Cooper

Jika ada yang bertanya siapa penemu revolusi digital, Martin Cooperlah jawabannya. Ia menciptakan sebuah benda yang kini merajalela yakni telepon genggam. Idenya untuk menciptakan alat komunikasi yang fleksibel dan mudah dibawa telah membuka inovasi teknologi komunikasi yang begitu besar. Berkat dirinya kini kita bisa menikmati dunia dari genggaman tangan.