Fashion

Metamorfosis Gaya Jokowi, dari Seragam Sampai Streetwear

Menjelang  Pemilihan Presiden 2019 ini kita akan kembali dihadapkan pada menu klasik dari calon-calon presidennya. Ya bro, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali berhadapan dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2019 ini. Tenang saja, dalam artikel ini kita tidak akan berkampanye atau melakukan gerakan politik apapun, Lanang Indonesia jauh lebih tertarik untuk melihat seperti apa perkembangan gaya dua rival politik ini.

jokotribun

Semasa memimpin Surakarta | Tribunnews

Di bagian pertama kita akan membahas metamorfosis gaya capres nomor urut 1, yakni Jokowi. Untuk metamorfosis gaya Prabowo Subianto sendiri akan kita bahas di artikel selanjutnya. Lalu seperti apa sih perkembangan gaya Jokowi sejak tahun 2014?

Dimulai dari Kota Surakarta, perjalanan karier politik Jokowi memang sudah mulai bersinar sejak pertama kali menjabat Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namun kala itu sorotan media masih fokus pada bagaimana cara dirinya bekerja, pakaian yang digunakannya masih cenderung didominasi setelan jas dan dasi serta pakaian dinas PNS selama bekerja.

Di Surakarta Jokowi masih sangat mirip dengan Wali Kota pada umumnya. Semua mata waktu itu masih cenderung tertarik dengan gaya 

jokowimerdeka

Kemeja kotak-kotak yang paling fenomenal | Merdeka.com

Berangkat ke Jakarta untuk memenangkan Pilgub 2012 semua hal nyentrik tentang dirinya mulai lebih dikenali. Menyukai musik metal menjadi hal yang paling banyak dikenal tentang dirinya. Tak bisa dihindari gaya pakaian kaos metalnya pun mulai menjadi pilihan saat dirinya mengunjungi konser-konser musik.

jokowiistimewa

Identitas sebagai metalhead | Istimewa

Satu yang juga banyak diingat netizen adalah saat dirinya menggunakan kaos hitam Lamb of God (band metal) yang dipadukan dengan luaran kemeja kotak-kotak yang sukses mengantarnya menuju kursi gubernur di Jakarta.

Hanya dua tahun menduduki kursi gubernur Jakarta, Jokowi pun dengan cekatan memenangkan Pilpres 2014 ditemani kemeja kotak-kotaknya yang mungkin sudah sangat menempel ke dalam gayanya. Selama menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia inilah perkembangan gaya Jokowi mulai bervariasi.

jokowicnn

Sneakers untuk menyentuh generasi millennial | CNN Indonesia

Tak hanya fokus pada karakternya sebagai penggemar music metal, Jokowi pun mulai memahami gaya yang pas untuk bisa lebih dikenal generasi millennial. Setelan kemeja putih, celana denim atau bahan, dan sneakers menjadi kostum dasarnya saat hadir di banyak kegiatan.

Khairiyyah Sari, Style Consultant yang beberapa tahun terakhir membantu tata busana untuk Paspampres setiap acara penyambutan tamu negara mengatakan bahwa Jokowi cenderung gemar pada gaya streetwear.

Sponsored Links

"Pak Jokowi bisa dibilang penggemar gaya streetwear. Pilihan jaket bomber, kaos berlogo serta sneaker memang salah satu ciri khas dari gaya ini. Gaya streetwear memang cocok untuk seseorang yang memiliki karakter yang laid back," kata Khairiyyah.

Melirik produk-produk lokal pun menjadi salah satu gerakan cerdas dirinya untuk mendorong image cinta produk lokal. Paling berkesan adalah identitas barunya sebagai penggemar sepeda motor. Bersama jaket denim lokal buatan Never Too Lavish Jokowi mengunjungi Sukabumi. Otomatis gaya biker pun menjadi salah satu gaya berpakaiannya yang paling diingat.

jokojitunews

Gaya biker juga menjadi bagian penting dari metamorfosisnya | Jitunews

Tak hanya bergaya biker, dirinya juga membeli sepeda motor custom yang digunakannya touring untuk kunjungan ke Sukabumi. Dari metamorfosis Jokowi bisa dilihat bahwa penampilan adalah salah satu bagian penting untuk menjaga image seorang pemimpin. Sederhana banget bro, apa yang kita pakai akan memengaruhi orang-orang yang menggunakan atribut serupa.

Merek-merek lokal yang pernah menghiasi gaya streetwear Jokowi antara lain Brodo, NAH Project, Saint Barkley, Bulls Syndicate, Rawtype Riot, hingga Ame Raincoat. Semua merek lokal yang memperkaya outfit Jokowi pasti merasakan peningkatan penjualan yang signifikan. Sebut saja NAH Project yang produknya ludes dibeli pelanggan saat rilis lantaran sneaker mereka dipakai oleh Jokowi.

Penampilan Jokowi yang semakin mendekati generasi millennial membuat dirinya mudah diterima oleh kalangan muda. Dari seragam PNS di Surakarta hingga sneakers di istana adalah metamorfosis Jokowi hingga tahun 2019 ini. Bagi kami, dua jempol untuk metamorfosis gayanya!