Terkini

Microsoft Perkenalkan Komunikasi 3D Ala Robot

Bagi yang sudah menonton film Starwars pasti sudah tak asing lagi dengan karakter droid R2-D2 atau BB-8. Robot yang bisa melakukan komunikasi dengan mengirim pesan 3D hologram ini ternyata tak hanya ada film, namun juga dunia nyata.

Teknologi mengirim pesan secara 3D hologram memang telah lama diidamkan oleh banyak orang. Dan sekarang salah satu perusahaan teknologi kenamaan, Microsoft, berhasil mengembangkan teknologi serupa yang diberi nama “Holoportation”.

Dilansir dari situs resmi Microsoft, Holoportation memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui teknologi 3D hologram. Jadi, 2 orang dari tempat berbeda dapat berkomunikasi secara langsung dan seolah-olah berada di tempat yang sama. Proyek yang dibesut oleh Microsoft Research Interactive 3D ini, mewajibkan penggunanya harus menggunakan perangkat Augmented Reality HoloLens agar bisa melihat lawan bicara dalam bentuk 3D hologram dari tampilan di HoloLens.

Selain itu, untuk memberikan sensasi yang lebih gereget, Microsoft juga menyiapkan kelengkapan kamera yang memungkinkan pengguna dapat melihat, mendengar dan berinteraksi dengan hologram orang lain secara real-time. Lebih kerennya lagi, penggunanya juga bisa merekam percakapan via hologram tadi untuk disaksikan di lain waktu dan dapat mengubah ukuran hologram yang ditampilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun sayangnya, pihak Microsoft belum mau memberikan informasi terkait kelengkapan kamera yang digunakan. Perlu diketahui, gadget HoloLens sendiri adalah perangkat augmented reality besutan Microsoft yang sudah dijual bebas sejak 20 Maret lalu.