Keuangan

Millenial, Generasi Pelopor Belanja Online

Di era serba digital ini sangat banyak aplikasi ataupun situs yang memanjakan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi secara online, terutama generasi millenial yang sangat antusias dan aktif berinternet.

Mulai dari e-banking, game online, tiket konser, hingga membeli gadget seharga puluhan juta rupiah, para generasi millenial sudah tak canggung lagi untuk berjual beli di dunia maya.

Kemenkominfo juga memperkirakan pada tahun 2016 ini transaksi e-commerce setidaknya dapat mencapai 25 miliar dolar. T ingkat pendidikan yang semakin baik dan perkembangan infrastruktur internet di Indonesia yang terus menunjukkan progres.

Menurut data riset berbasis media sosial lembaga independen Provetic, 30% dari 7.809 perbincangan mengenai transfer uang melalui media sosial setuju jika belanja online sangat membantu kebutuhan mereka.

“Telah terjadi perubahan kebiasaan terutama di kalangan millenial dalam menggunakan media online sebagai alat bertransaksi. Semakin banyak dari mereka merasa kemudahan fasilitas bertransaksi melalui media online sangat membantu kegiatan mereka sehari-hari” kata CEO Provetic, Iwan Setyawan .

Cukup ironis jika menyadari bahwa anak kemarin sorelah yang perlahan mengambil alih pergerakan ekonomi negeri sedangkan generasi terdahulu lebih berhati-hati untuk melakukan ini karena terbiasa dengan yang konvensional dan klasik.

Seperti yang diulas oleh Lanang Indonesia sebelumnya jika generasi millenial punya potensi sangat besar sebagai penggerak ekonomi kreatif. Tidak menutup kemungkinan generasi yang sering dilecehkan ini akan terus mengambil alih pergerakan berbagai lini.