Keuangan

Mobil atau Rumah, Mana Yang Harus Didahulukan?

Sudah bekerja mapan dan memiliki gaji tetap setiap bulan tentu membuat banyak orang mulai menabung untuk membeli sesuatu sebagai bentuk hasil kerja keras. Salah satunya adalah kebutuhan barang guna jangka panjang untuk masa depan, seperti mobil dan rumah.

Keduanya tentu bukanlah barang yang murah. Perlu kerja keras serta tekun dalam menabung untuk mendapatkannya. Namun kebanyakan orang justru bingung dan mempertanyakan mana yang harus didahulukan antara mobil atau rumah.

Jika hanya memikirkan gengsi dan harga yang lebih bisa dijangkau, tentu banyak yang memutuskan memiliki mobil terlebih dahulu. Namun di sisi lain, rumah adalah kebutuhan utama yang semakin lama harganya makin meroket. Lantas apa yang mesti dilakukan? Lewat pertimbangan ini kalian bakal menemukan jawabannya.

 

Skala Prioritas

mr-1

Ilustrasi | Istimewa

Sebelum memutuskan kemana uang tabungan kalian akan berlabuh, pikirkanlah dulu mana yang lebih kalian butuhkan saat ini. Jika kalian masih tinggal bersama orang tua dan lebih membutuhkan mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari serta ingin membuat orang tua kalian lebih nyaman saat berpergian, maka letakkan mobil dalam skala prioritas yang paling besar.

Namun jika saat ini kalian harus mengeluarkan biaya sewa tempat tinggal seperti kost atau rumah kontrakan, maka membeli rumah terlebih dahulu adalah kebutuhan yang harus diutamakan. Agar di masa mendatang kalian bisa membuang uang sewa tempat tinggal dari daftar pengeluaran bulanan.

 

Hitung Pendapatan Bulanan

mr-2

Ilustrasi | Istimewa

Setelah memutuskan mana yang akan kalian beli terlebih dahulu, langkah selanjutnya adalah menghitung pendapatan bulanan kalian beserta pengeluaran rutin yang harus dibayarkan. Buatlah rincian sedetail mungkin dan coret hal-hal yang tidak diperlukan dari laporan keuangan yang kalian buat.

Setelah itu lihatlah hasil laporan keuangan tersebut. Apakah pendapatan bulanan kalian cukup untuk memenuhi segala kebutuhan bulanan kalian serta mencicil mobil atau rumah? Jika belum, maka carilah pendapatan tambahan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Hal ini akan membantu kalian untuk mewujudkan keinginan memiliki mobil atau rumah.

 

Hitung Biaya Cicilan Per Bulan

mr-3

Ilustrasi | Istimewa

Jika membandingkan biaya cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulan, tentu rumah akan jauh lebih menguras isi dompet kalian daripada mobil. Namun perlu kalian ingat bahwa harga pajak mobil beserta perawatannya pun tidaklah murah.

Bahkan berdasarkan pengalaman dari salah satu tim Lanang Indonesia, dalam setahun kebutuhan akan perawatan mobil bisa menghabiskan sekitar 36 juta rupiah. Jadi tentukanlah mana yang dirasa lebih pas dengan jumlah pendapatan bulanan kalian.

 

Investasi Jangka Panjang

mr-4

Ilustrasi | Istimewa

Kedua barang ini merupakan aset kekayaan yang bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang. Mobil bisa direntalkan atau bahkan menjadi taksi online. Sementara rumah bisa dikontrakan kepada orang lain sehingga menjadi pemasukan bulanan yang cukup menjanjikan. Tinggal kalian pilih mana yang lebih menguntungkan dengan biaya perawatan yang lebih sedikit.

 

Harga Jual Di Masa Mendatang

mr-5

Ilustrasi | Istimewa

Jika melihat dari harga jual kembali di masa mendatang, tentu rumah jauh lebih unggul daripada mobil. Harga jual rumah setiap tahunnya akan semakin mahal, sementara mobil harganya akan semakin merosot karena merupakan benda bergerak.

 

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil atau rumah. Jadi apakah kalian sudah tahu mana yang harus didahulukan?