Fashion

Modern Guide: Berurusan Dengan Laundry

Kalian yang sudah belajar hidup sendiri tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya jasa laundry. Sangat membantu dan tentunya menghemat banyak waktu kalian untuk bisa lebih fokus dengan hal lain saat akhir pekan. Tapi bro, tidak semua yang ada di lemari kalian bisa dengan santainya dilempar ke tempat laundry loh.

Lalu seperti apakah kebijakan yang harus kita terapkan dengan urusan per-laundry-an? Modern Guide kita kali ini akan fokus pada perawatan pakaian. Baca sampai tuntas dan kalian akan tercerahkan.

Know Your Clothes

Beli pakaian bukan sekedar suka bro, kita juga harus tahu apa jenis dan bagaimana cara merawatnya. Sudah sangat umum jika di bagian label brand tersedia informasi detail tentang pakaian yang kalian beli. Mulai dari campuran bahan hingga anjuran cara mencucinya. Mulai sekarang biasakan intip bagian tersebut ya.

Sintentis: Bahan ini cukup tangguh untuk direndam atau dicuci dengan mesin namun lemah terhadap panas setrika.

Katun & Linen: Lebih merata, di mana bahan ini masih ramah terhadap panas dan mesin cuci. Tak heran jika bahan katun menjadi bahan paling banyak diproduksi.

Wol: Lemah terhadap panas setrika dan elemen air, jadi jangan terlalu sering dicuci dan pilihan terbaik adalah dry cleaning.

Sutera: Bahan paling sensitif di mana sebaiknya dicuci dengan air dingin dan dikeringkan dengan cara digulung-gulung di atas handuk. Jauhkan dari mesin pengering, matahari dan setrika.

Pilih Jasa Laundry Terbaik

Menjamurnya jasa laundry rumahan tentunya memberikan keuntungan secara finansial. Bagaimana tidak, di Jakarta sendiri laundry ‘kiloan’ hanya berkisar di angka Rp 7.000 hingga Rp 10.000/kg. Satu kg pakaian bisa terdiri hingga 7 lembar baju, wow murah sekali kan. Lakukan dalam jangka panjang, maka pakaian kalian akan mulai tidak karuan warnanya. Jika memang ingin laundry, pilihlah yang jelas-jelas sudah profesional.

Cuci Sendiri

Sponsored Links

Kering Tidak Sempurna

Kesulitan dari mencuci sendiri adalah cara pengeringan yang masih membutuhkan bantuan matahari. Di hari-hari yang mendung kecenderungan pakaian kalian untuk tidak kering akan semakin besar. Satu-satunya jalan adalah serahkan bagian pengeringan ini pada laundry. Baju yang tidak kering sempurna akan meninggalkan bau yang tidak enak, dan parfum-pun kalah olehnya.

Itu dia beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengawetkan usia pakai isi lemari. Kuncinya pilih mana yang harus diserahkan ke laundry dan mana yang harus kena personal touch. Dan ekstra tips, celana dalam sebaiknya kalian urus sendiri ya.