Karier

Modern Guide: Cerdas Memilih Cara Berkomuter

Bekerja adalah bagian dari kehidupan semua orang yang tidak bisa kita tolak. Khususnya di kota-kota besar para pekerja sering kali mendapatkan tekanan tidak hanya dari pekerjaan, tapi juga bagaimana cara berangkat dan pulang kerja yang efisien, aman serta nyaman. Lalu bagaimana cara berkomuter kalian?

Pilihan berkomuter hanya ada dua bro, kendaraan pribadi atau transportasi publik. Nah dari dua dasar ini bisa kita pecah lagi menjadi pilihan-pilihan berdasarkan tingkat efisiensi, kenyamanan dan safety-nya. Yuk kita analisis mana yang terbaik berdasarkan lokasi kerja kita.

PUBLIK

Angkutan Umum

Angkutan umum seperti angkot, mikrolet, bus dan sang legenda, Metro Mini adalah pilihan cara berkomuter yang hari ini terhitung kurang efisien untuk jarak jauh. Karena mereka cenderung diberi trayek maka ada kemungkinan kalian harus menyambung-nyambung dari satu angkutan ke angkutan lainnya.

Keamanannya juga agak meresahkan karena banyak kasus penjambretan atau pemalakkan yang terjadi di atas angkot. Bicara nyaman kalian boleh coba sendiri bro.

Efisiensi: 3/5     Keamanan: 3/5     Kenyamanan: 3/5     Jangkauan: 2/5

Transjakarta

Biasa kita kenal dengan nama busway, angkutan bus dengan jalur sendiri ini terhitung nyaman dan tingkat keamanan yang cukup. Sayangnya soal efisiensinya tidak jauh berbeda dengan angkutan umum karena sekalipun memiliki jalur sendiri sering kali di saat jam sibuk jalur busway diserobot oleh kendaraan lain.

Efisiensi: 3,5/5     Keamanan: 4/5     Kenyamanan: 3,5/5     Jangkauan: 4/5

Kereta

Kereta listrik menjadi salah satu transportasi publik yang sangat diandalkan karena tingkat efisiensinya yang super. Tak ada kata macet di dunia kereta, paling hanya sesekali terlambat jika terjadi gangguan. Tapi jangan berharap banyak soal kenyamanan ya bro, di jam sibuk kalian harus berjuang untuk bisa masuk ke dalam kereta karena penuhnya.

Efisiensi: 5/5     Keamanan: 3,5/5     Kenyamanan: 2/5     Jangkauan: 4/5

Ojek Online

Ojek online menjadi pilihan alternatif di antara transportasi publik. Lebih murah dari ojek tradisional dan bisa dipanggil lewat aplikasi. Mengandalkan efisiensi sebagai fitur utama mereka, soal yang lain-lainnya ya mirip motor di angkutan pribadi.

Efisiensi: 4/5     Keamanan: 3/5     Kenyamanan: 2/5     Jangkauan: 3,5/5

 

PRIBADI

Mobil

Ketika kalian memilih mobil untuk berkomuter di hari kerja, tentunya kalian hanya ingin mendapatkan kenyamanan dan keamanan di jalan. Soal efisiensi menggunakan mobil cenderung boros dan macetnya pun bareng dengan angkutan umum.

Efisiensi: 2/5     Keamanan: 4/5     Kenyamanan: 4/5     Jangkauan: 4/5

Motor

Motor adalah alat komuter yang paling oke efisiennya di jalan raya. Namun dengan risiko kecelakaan yang tinggi membuat motor cenderung tidak aman. Kelemahan inti dari motor adalah kalian kepanasan dan kehujanan bro.

Efisiensi: 4,5/5     Keamanan: 3/5     Kenyamanan: 2/5     Jangkauan: 3,5/5

Sepeda

Sepeda hanya untuk kalian yang memiliki jarak rumah-kantor tidak terlalu jauh dan sepeda termasuk dari komuter yang jadi gaya hidup. Bersepeda di kota besar hanya bisa terasa sehat saat akhir pekan di mana tidak banyak polusi dari kendaraan bermotor. Untuk hari kerja? Agak merepotkan karena kalian pasti berkeringat sampai di kantor.

Efisiensi: 4/5     Keamanan: 3/5     Kenyamanan: 2/5     Jangkauan: 2/5

Nah bro, sudah lihat kan bagaimana komparasi ragam cara berkomuter di atas. Sekarang tinggal menimbang jarak rumah kalian ke kantor dan memilah mana yang paling efisien dan nyaman, karena pada ujungnya kalian harus bercapek-capek kerja di kantor. Semua pilihan ada di tangan kita kok!