Karier

Modern Guide: Kegagalan Wawancara Kerja

Wawancara kerja tentunya adalah bagian paling menegangkan dalam rentetan proses melamar sebuah pekerjaan. Dalam sebuah wawancara, pihak perusahaan akan berusaha mengetahui seperti apa karakter kita dari berbagai aspek. Mulai dari penampilan, pembawaan, hingga personality.

Menariknya poin wawancara ini juga sering kali menjadi penentu apakah kita akan diterima atau tidak oleh perusahaan. Maka untuk bisa tampil sempurna dalam wawancara kerja kita harus tahu apa saja kesalahan-kesalahan yang memungkinkan kita gagal dalam wawancara kerja. Apa saja sih? Check this out bro!

Salah Kostum

Pastikan kalian paham dengan outfit standar yang digunakan oleh perusahaan tersebut. Jika memang mereka adalah sebuah kantor formal, setelan formal tentu harus kalian gunakan saat wawancara kerja. Sebaliknya, saat kalian melamar di sebuah start-up yang pegawainya berpenampilan smart casual, maka pakaian formal akan membuat karakter kalian lemah.

Tegang dan Kaku

Ganti template kuno kalian soal gestur tentang wawancara kerja yang salah mengartikan sopan menjadi “tegang dan kaku.” Bersikaplah lebih santai namun bersahabat, dan tentunya kalian tahu apa itu arti dari bersikap sopan.

Terlambat

Hentikan budaya ‘jam karet’ ini karena jika sudah berurusan dengan wawancara kerja, sebuah perusahaan sudah memantau karakter kita sejak kedatangan kita di kantor. Sampai lebih awal satu jam jauh lebih baik daripada berusaha ngepas-ngepasin jam.

Mendominasi

Jangan pernah mendominasi wawancara. Beberapa dari kalian tentu adalah karakter-karakter yang aktif dalam berbicara dan bertindak. Dalam sebuah wawancara dominasi ini bisa menjadi sebuah titik kelemahan kita. Walau ada beberapa pewawancara yang lebih tertarik dengan karakter orang yang dominan, namun kalem adalah pilihan yang aman.

Belum Move On

Pewawancara pasti akan menanyakan latar belakang company kita sebelumnya, beberapa dari kalian yang memiliki pengalaman buruk terkadang suka mengungkit hal jelek di kantor sebelumnya. Ini menandakan bahwa kalian belum move on. Jangan bercerita terlalu lebar jika tak ditanya dan jangan mengangkat pengalaman buruk saja.

Tak Dapat Chemistry

Sponsored Links

Dead End Conversation

Jawab semua pertanyaan pewawancara dengan lancar dan baik. Adalah sebuah kekurangan ketika kita menjadi seseorang yang menghentikan obrolan karena keterbatasan pengetahuan. Maka lakukan riset yang matang tentang perusahaan sebelum wawancara.

Itu dia bro beberapa poin yang bisa berpotensi menggagalkan wawancara kerja kalian. Jangan sampai kalian melakukan kesalahan-kesalahan yang mungkin terlihat remeh tapi sebenarnya berarti banyak bagi seorang pewawancara. Percaya diri adalah modal utama kalian, selamat interview bro!