Karier

Modern Guide: Kerja di Dunia Kreatif

Memilih lingkungan kerja bisa kita lakukan sejak memilih-milih lowongan kerja yang akan kita lamar. Kita bisa mengetahui lingkungan kerja perusahaan hanya dengan sedikit riset di Google kok bro. Nah jika kalian memilih lingkungan kerja kreatif, sebaiknya memahami betul aturan-aturan yang justru tidak umum karena mungkin sejak kecil kita tahu lingkungan kerja itu dari orang tua.

Sebelum salah-salah nih bro kita kasih modern guide-nya untuk bisa beradaptasi di lingkungan kerja kreatif, check this out!

Jangan Norak

Mungkin kalian akan menemukan beberapa area yang terlihat sangat homey atau bahkan terlalu santai untuk ada di lingkungan kerja seperti area video games, ruang main biliar atau semua space yang dikhususkan untuk entertain karyawan. Stay cool dan manfaatkan ruangan-ruangan ini sepantasnya. Tatapan mata orang yang norak adalah tatapan berbinar yang terlalu bahagia saat pertama kali melihat ruangan-ruangan tersebut.

Work Hours

Kalian akan berhadapan dengan waktu kerja yang super fleksibel di mana perusahaan hanya berpatokan pada deadline dan KPI kalian dalam sebulan. Jangan terlalu senang dengan waktu yang fleksibel ini, karena ketika kita tidak bisa mengaturnya sendiri justru akan menjadi hal yang merugikan.

FYI: Perusahaan cenderung tidak suka dengan perkerjaan yang selesai di last minute.

Ruang Kerja

Di kantor kreatif memungkinkan kalian bekerja di mana saja. Selama berhadapan dengan laptop dan terkoneksi dengan internet maka perusahaan memberikan kalian keleluasaan untuk bekerja di sudut kantor manapun. Hal ini dipercaya bisa mengurangi tingkat stres dari karyawan itu sendiri.

Outfit Bebas

Kecuali saat-saat penting seperti meeting dan pertemuan dengan klien, sebuah kantor kreatif tidak akan memaksa kalian untuk berpakaian formal kok. Setelan kasual-smart bisa menjadi pilihan yang asyik untuk kostum sehari-hari.

Kultur Perusahaan

Jangan kaget dengan kultur perusahaan yang cukup terbuka. Para pekerja di dunia kreatif cenderung lebih open dalam menyampaikan pendapat atau kritik. Jadi jangan terlalu dimasukkan ke dalam hati semua objek yang terkait dengan pekerjaan. Diskusi juga bisa lebih sering terjadi di lingkungan ini, dan tak perlu takut untuk menyampaikan pendapat-pendapat kalian ya bro!

Itu dia beberapa poin penting yang harus kalian pahami sebelum bisa terjun di dunia kerja kreatif. Camkan dalam benak kalian bro, lingkungan kreatif sangat berbeda dari lingkungan formal yang sejak dulu kalian bayangkan.