Terkini

Momen Pertumbuhan Ekonomi Digital Di Harbolnas 2017

Berawal dari 6 e-commerce pada tahun 2012 untuk menyepakati Hari Belanja Online Nasional. Kini Pertumbuhan Ekonomi Digital mengalami peningkatan yang signifikan, bayangkan, pada tahun 2016 saja perayaan Harbolnas diikuti oleh 211 e-commerce. Tahun 2017 Harbolnas akan kembali digelar pada 12 Desember 2017.

Dengan mengusung tema #BelanjaOnlineBersama, Harbolnas tahun ini akan fokus untuk mendorong agenda pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para UMKM supaya bisa mengembangkan bisnis melalui platform digital sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi di seluruh Indonesia.

Sebanyak 60 persen user internet di e-commerce belanja pada saat Harbolnas. Estimasinya bisa mencapai 3 kali lipat total pembelian selama Harbolnas dibanding hari biasanya. Dari tahun 2016 saja, angka transaksi mencapai Rp 3,3 triliun.

harbolnas2

Chief Marketing Officer GO-JEK Indonesia Piotr Jakubowski bersama rekannya di Harbolnas 2017 | Andika Aditia

Dari data Nielsen Indonesia, sebanyak 63 persen yang belanja online adalah pria. Menurut Director Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri, hal itu tak terkait dengan pola konsumen berdasarkan gender, tetapi lebih kepada berapa banyak jenis item yang dijual, serta faktor utama untuk mendapatkan diskon yang mencapai 90 persen.

Jika dilihat berdasarkan tren pada tahun ini, konsumen memiliki beberapa kekhawatiran dalam berbelanja online, seperti metode pembayaran sebanyak 17 persen, sedangkan untuk proses pengiriman meningkat sebanyak 15 persen.

Pada tahun 2017 sendiri, Harbolnas juga tak hanya menggandeng para e-commerce terbesar tapi juga merangkul para pelaku UMKM. Menurut Country General Manager ShopBack Indonesia Indra Yonathan mengaku jika fokus Harbolnas tahun ini bukan hanya sebagai momen belanja nasional, tapi juga momen berjualan nasional untuk para pelaku UMKM.