Olahraga

MotoE, Kelas Baru Balap Motor Listrik

Isu balap motor listrik di kelas MotoGP yang sebelumnya sempat naik turun akhirnya terkuak bro. Mengusung nama MotoE, kelas baru di MotoGP ini akan ikut meramaikan ajang balap motor paling bergengsi di dunia namun dengan motor listrik.

Menggandeng pembalap veteran Loris Capirossi sebagai ambasador sekaligus test rider, MotoE akan menjadi kelas baru yang bisa menarik perhatian. Bagaimana tidak, desain sepeda motor yang digunakan, perbedaan teknologi, hingga mungkin regulasi yang tidak akan sama plek dengan MotoGP tentu akan menjadi nilai lebih.

Menggandeng raksasa elektronik asal Italia, Enel, sebagai sponsor utmanya MotoE direncanakan akan mulai running tahun 2019 mendatang. Namun promosi akan dilakukan mulai musim balap 2018 ini bro.

motoe1

Menggunakan motor produksi Energica Motors yang menggendong batterai berkapasitas 65 KW, MotoE diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 147 Hp. Lumayan banget kan bro. Dengan power seperti itu motor-motor ini mampu berakselerasi dari diam ke kecepatan 100 km/jam hanya dengan 3 detik.

Mampu digeber hingga 250 Km/jam kemungkinan dari segi top speed motor MotoE akan kurang galak karena kelas MotoGP saja bisa meraih kecepatan penuh hingga 350 km/jam. Selain itu yang menjadi bagian kurang menarik adalah hilangnya suara mesin akan digantikan dengan dengung treble dari dinamo.

Akan didukung oleh tujuh tim balap privat dari MotoGP serta 18 pembalap starter, MotoE mungkin tidak akan bisa ditonton lama-lama karena hanya bisa melahap 10 hingga 12 lap untuk sekali charging. Bagaimana menurut kalian? Selamat datang di masa depan bro!