Terkini

Museum “MACAN” Akan Hadir Di Jakarta

Dedikasi dan karya seni anak Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Banyak di antaranya karyanya sudah mendunia seperti Affandi dan Basuki Abdullah.

Sayangnya belum ada tempat yang mewadahinya dengan apresiasi tinggi. Namun, hal itu sebentar lagi akan terjawab. Indonesia akan memiliki museum untuk seni kontemporer dan modern bertaraf internasional.

Museum ini akan mengambil tempat di Jakarta dan dijadwalkan resmi dibuka pada awal 2017. Nama yang disematkan untuk bangunan dengan dominasi kaca ini adalah MACAN, kepanjangan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini dibangun dan didanai oleh seorang pengusaha asal Indonesia bernama Haryanto Adikoesoemo.

Seperti dilansir dari New York Times, Haryanto Adikoesoemo, mengatakan “Saya berharap Museum MACAN bisa berkembang dan memajukan pengertian tentang seni dan apresiasi terhadap seni di Indonesia,”. Selain itu Adikoesoemo juga menginginkan agar museum tersebut bisa jadi pertukaran antara Indonesia dan dunia khususnya di bidang seni.

Koleksi yang dimiliki oleh Adikoesoemo sebanyak 800 buah dan merupakan karya dari para seniman terkenal, beberapa di antaranya adalah karya dari Raden Saleh, Affandi, Gerhard Richter, Anish Kapoor, Jeff Koons, dan Frank Stella. Thomas J Berghuis yang sebelumnya menjadi kurator seni Cina di Museum Guggenheim New York, akan menjadi direktur Museum MACAN.

Museum seni yang akan jadi kebanggaan Indonesia ini terletak di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dengan luas 3.994 meter persegi. Saat ini museum tersebut dalam tahap pembangunan.