Terkini

Nama Ali Di Kota New York

Untuk mengenang petinju legendaris Muhammad Ali yang tutup usia pada Jumat, 3 Juni 2016 kemarin karena komplikasi pernapasan, Pemerintah Kota New York, Amerika mengganti nama jalan Madison Square Garden menjadi Muhammad Ali Way.

Seperti dilansir Telegraph, Rabu (8/6/2016), pengumuman nama jalan ini secara resmi disampaikan oleh Walikota New York, Bill de Blasio. Meski pergantian ini hanya sementara, namun hal ini cukup menarik perhatian dunia internasional khususnya para penggemar Ali dan dianggap sebagai salah satu bentuk penghormatan yang baik.

“Hari ini kita memberi penghormatan kepada Muhammad Ali di jantung kota ini (New York). Dia layak mendapat kehormatan atas penamaan ini dan banyak lagi,” ucap de Blasio.

Seperti diketahui jika Madison Square yang juga dikenal dengan sebutan The Worlds Most Famous Arena, merupaka tempat di mana Ali menjalani beberapa pertandingan besarnya. Total sebanyak 8 kali pertandingan dijalaninya di Madison Square, salah satunya pertandingan bersejarah pada tahun 1971, di mana Ali menantang Joe Frazier yang merupakan seteru abadinya.

Dalam duel yang bertajuk The Fight of the Century itu, Ali harus takluk. Namun keduanya kembali bertemu di arena yang sama pada 28 Januari 1974. Kali ini Ali menunjukkan kegagahannya kepada Frazier.

Dengan pergantian tersebut, Ali menjadi petinju kedua yang namanya terpajang di New York, setelah Joe Louis pada 1984, yang merupakan juara kelas berat yang hidup pada 1914-1981. Meski pun begitu, Pemerintah Kota New York sejauh ini belum mengumumkan sampai kapan nama Ali akan terpajang di plang jalan tersebut.

Ali sendiri bukan hanya dikenang sebagai petinju besar. Ia juga dicintai banyak orang di berbagai belahan dunia karena sikapnya yang mendukung hak-hak sipil. Hal itu pun membuatnya menjadi salah satu tokoh dunia pada abad ke-20.

Kabarnya nanti beberapa tokoh terkenal akan hadir dan mengusung peti jenazah Ali saat pemakamannya di kampung halamannya, Louisville, Kentucky, pada 10 Juni mendatang. Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, dan Komedian Billy Crystal, dijadwalkan akan menyampaikan testimoni perpisahan dalam pemakaman Ali.

Aktor Will Smith yang juga pernah berperan sebagai Muhammad Ali dalam film berjudul Ali beserta mantan petinju kelas berat asal Inggris, Lennox Lewis, juga akan hadir sekaligus akan mengusung peti jenazah Ali.