Sukses

Nominasi Nobel Perdamaian yang Mengejutkan

Penghargaan syarat prestasi, Nobel, akan diumumkan pada Oktober mendatang oleh The Norwegian Nobel Institute. Penghargaan Nobel di bidang Perdamaian pada tahun ini begitu menyita perhatian. Banyak nominasinya yang tak disangka-sangka. Siapa sajakah?.

Donald Trump

Calon Presiden Amerika ini masuk nominasi Nobel Perdamaian setelah dirinya membuat pernyataan yang kontroversial. Kepala Institut Penelitian di Oslo, Norwegia, Kristian Berg Harpviken, mengkonfirmasi tentang masuknya Donald Trump dalam nominasi. Hal ini pun membuat bingung banyak orang dan ramai dibicarakan.

Edward Snowden

Mantan pegawai kontraktor CIA, Edward Snowden, dikabarkan masuk nominasi Nobel Perdamaian tahun ini. Ulah Snowden yang membocorkan dokumen rahasia beberapa negara dianggap membuat situasi politik dunia kacau.

“Tahun 2016 mungkin keberuntungan ada ditangan Edward Snowden, karena pembocoran rahasia dokumen sejumlah negara yang memiliki efek positif,” kata Kristian Berg Harpviken, Ketua Institut Riset Perdamaian di Oslo.

Emilia Kamvisi

Berkat ketulusannya menolong pengungsi Suriah di Yunani, seorang nenek berusia 85 tahun dinominasikan masuk Nobel Perdamaian. Kamvisi menjadi terkenal setelah dia tertangkap kamera tengah memberi makan bayi pengungsi Suriah pada musim gugur lalu. Kamvisi mengatakan jika yang dilakukannya adalah hal normal dan biasa.

Selain itu masih ada beberapa tokoh yang masuk dalam nominasi Nobel Perdamaian seperti aktris Hollywood Susan Sarandon, Paus Fransiskus, Menteri Energi AS Ernest Moniz, dan Kepala Organisasi Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi. Nantinya, sang pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai US$ 1,2 juta atau sebesar Rp 16,3 miliar.

ARTIKEL TERKAIT