Motor-mobil

Optima K5, Mobil Hybrid yang bisa isi baterai sendiri

Produsen mobil asal Korea Selatan, KIA secara resmi memperkenalkan model terbaru dari KIA Optima yang telah berteknologi Hybrid. Hadir dengan nama Optima K5 Signature, mobil ini memadukan mesin 2.0-liter “Nu” 4-silinder GDI (Gasoline Direct Injection) yang mampu memuntahkan tenaga 154 hp dan tenaga listrik dari sebuah motor yang 42% dari sebelumnya dan terletak pada transmisi.

Seperti dilansir dari situs resmi KIA, Optima K5 Signature menjadi mobil paling bertenaga di kelasnya dengan spesifikasi yang dimilikinya. Sekotak baterai polymer lithium-ion 9.8 kWh pun disematkan di dalamnya untuk membantu mobil dapat melaju sejauh 985 kilometer. Sayangnya ketika mobil bergerak hanya mengandalkan tenaga listrik, maka jarak tempuhnya hanya sejauh 27 kilometer.

Untuk mengisi penuh daya pada baterai mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam karena telah menggunakan Plug-in Hybrid Charger 240V.

Yang menarik adalah hadirnya teknologi Regenerative Braking System pada mobil ini. Teknologi tersebut bisa memberikan suplai energi tambahan ke baterai saat mobil melakukan deselerasi.

Dibalut dengan tampilan eksterior yang mewah dan elegan membuat mobil ini kaya akan fitur-fitur keselamatan yang amat baik seperti Autonomous Emergency Braking (AEB), Blind Spot Detection (BSD), Advanced Smart Cruise Control (ASCC), Lane Departure Warning System (LDWS), Front Collision Warning System (FCWS) dan lain-lain.