Traveling

Palau, Negara Tetangga Indonesia yang Indah

Memang belum ada Negara tetangga yang menandingi keindahan alam Indonesia jika dilihat dari prestasinya. Tapi apa yang akan kalian sebutkan jika mendengar kata tetangga, pasti hanya terucap Malaysia, Filipina, Brunei, Singapura dan Australia.

Ternyata ada satu Negara yang ternyata merupakan tetangga Indonesia dan tak banyak yang mengetahuinya. Negara tersebut adalah Kepulauan Palau atau Republik Palau. Letaknya berada di Samudra Pasifik dan hanya 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara dan 500 km sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utara, dekat kan bro?

palau3

Salah satu penginapan yang ada di Palau | Dok. Palaugov

Palau adalah negara kecil kepulauan tropika yang terletak di sekitaran khatulistiwa, yang menjadikan kepulauan kecil ini terdapat beberapa blok hutan hujan tropika yang kaya akan beragam jenis fauna. 10 pulau di negara ini dijadikan cagar alam dan 3 lainnya dijadikan taman wisata dan taman berburu.

Negara Kepulauan dengan ibukota Ngerulmud ini terkenal dengan pantai yang indah dengan teluk yang berwarna biru serta memiliki bentuk seperti payung. Tak heran, jika Palau dikenal sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Bawah Air Dunia.

palau5

Kantor pemerintahan Republik Palau | Dok. Palaugov

Jika melihat sekilas gugusan pulaunya, Palau mirip seperti gugusan Raja Ampat yang ada di Papua Barat. Selain itu di wilayah bernama Babeldaob, ada tempat yang menyajikan wisata sejarah dan kebudayaan Palau. Sekilas bentuk rumah adat dan motifnya mirip dengan apa yang ada pada suku Minahasa, Sulawesi Utara.

Sponsored Links

palau2

Hamparan pulau kecil di Republik Palau | Dok. Palaugov

Keindahan alam Kepulauan Palau pun pernah menjadi saksi pertempuran Peleliu antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Jepang yang pecah di Peleliu, Kepulauan Palau. Pasukan AS berhasil menang dalam pertempuran tersebut sekaligus berhasil menguasai wilayah Peleliu yang sebelumnya dikuasai Jepang pada tahun 1944.

Penasaran? Untuk bisa sampai ke sini kita bisa melalui jalur udara dari Guam dan Manila, Filipina. Di samping itu, Palau juga memiliki banyak pelabuhan dengan 12 pelabuhan besar yang jangkauannya hingga ke seluruh Negara bagian Palau.