Terkini

Pariwisata Indonesia Mendapat Penghargaan PBB

Pariwisata Indonesia kembali menunjukkan tajinya, setelah gencar mempromosikan keindahan alam negeri ini lewat “Wonderful Indonesia”, penghargaan bergengsi pun berhasil diraih.

Badan Pariwisata PBB atau United Nation World Tourism Organization memberi penghargaan kepada Indonesia atas perkembangan kegiatan pariwisatanya. Pengumuman tersebut dilakukan saat Gala Ceremony The 12th UNWTO Awards di Madrid, Spanyol, pada Rabu 20 Januari, waktu setempat atau Kamis 21 Januari WIB.

Dilansir dari unwto.org, Tak tanggung-tanggung, 3 penghargaan sekaligus diraih oleh Indonesia, di mana menjadi juara 2 untuk 2 kategori, dan menjadi juara 1 untuk kategori tata kelola. Dengan keberhasilan itu berhasil mengangkat pariwisata Indonesia dan semakin diakui dunia Internasional. Berikut kategorinya:

  • Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi meraih peringkat pertama dalam "Innovation in Public Policy and Governance" (inovasi kebijakan publik dan tata kelola pemerintah). Peringkat kedua diraih Medellin, Kolombia, dan peringkat ketiga diraih Puerto Riko.
  • Garuda Indonesia dan Coca Cola Amatil untuk kegiatan CSR "Bali Beach Clean Up" meraih peringkat kedua untuk kategori "Innovation in Enterprises". Peringkat pertama diraih Lituania dan peringkat ketiga diraih Swiss.
  • Yayasan Karang Lestari (Bali) meraih peringkat kedua dalam kategori "Innovation in Non Govermental Organizations" untuk kegiatan "Coral Reef Reborn Pemuteran, Bali". Peringkat pertama diraih Nepal dan peringkat ketiga diraih Kamboja.

Pengumuman penghargaan tersebut disiarkan langsung melalui akun Twitter resmi @UNWTO dan situs unwto.org. UNWTO sendiri dibentuk tahun 1957 dan penghargaan pariwisata tersebut dimulai  sejak 2003. Total ada enam penghargaan yang dibagi menjadi dua, yaitu dua penghargaan untuk individu dan empat penghargaan untuk kegiatan pariwisata. Penghargaan ini adalah yang paling bergengsi, level dunia, dengan sistem penjurian paling ketat. Selamat untuk Indonesia. Lestarikan terus pariwisata kita.