Terkini

Paspampres Dukung Penuh Upacara di Istana Negara

Memang selalu saja ada yang menarik dari setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Istana yang menjadi simbol penting betapa kedaulatan Indonesia adalah mutlak di mata dunia. Kali ini Lanang Indonesia yang berkesempatan mengikuti upacara penarikan bendera di Istana Negara, Rabu (17/8/2016) akan membagikan sebuah cerita menarik di balik pelaksanaannya.

Untuk tahun ini, ada perbedaan di acara penarikan bendera. Selain tari-tarian dan paduan suara, ada juga prosesi arak-arakan dari Monas ke Istana. Di prosesi ini, keterlibatan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) cukup signifikan.

 

Secret Service Indonesia ini untuk pertama kalinya ikut dalam acara arak-arak bendera Pusaka Indonesia dengan sebuah kereta kencana bernama Ki Jaga Karsa. Mereka bertugas menjadi pendamping bendera pusaka yang dibawa oleh dua Paskibraka wanita dalam kereta kencana. Selain itu, juga ada 45 anggota Paspampres yang berbaris dibelakangnya. 

Yang menarik, sebanyak 47 anggota tersebut mengenakan busana Prajurit Keraton Yogyakarta. Dua Paspampres yang ada di kereta kencana menggunakan busana prajurit Surokarso, yaitu sebuah busana dengan dominasi warna putih dan lilitan kain motif kotak di pinggang.

Sementara 45 anggota lainnya menggunakan busana Wirobrojo yang berciri khas dengan topi tinggi merahnya, Daeng dengan celana panjang putih, Jagakarya dengan lurik-lurik dalaman oranye, Mantrijero dengan lurik celana putih dan Bugis dengan topi tinggi hitamnya. Semua pakaian-pakaian ini memiliki nilai sejarah dan didatangkan dari Anjungan Yogyakarta, Taman Mini Indonesia Indah. 

Semua busana ini dipakai oleh pasukan Paspamres tak hanya saat upacara pengibaran bendera di pagi hari, tetapi juga saat penurunan bendera di sore harinya.

Sponsored Links

Salah satu cerita menariknya adalah busana Bugis yang merupakan pakaian kenang-kenangan dari Kerajaan Bugis. Diceritakan bahwa busana Bugis ini didapatkan oleh pasukan Kerajaan Mataram setelah mereka berhasil mengalahkan Kerajaan Bugis dalam perang.