Terkini

Pengaruh Antara Film Dan Budaya Menurut Kritikus

Masih dalam rangkaian acara Indonesia Etnhographic Film Festival 2016, Kamis (17/11/2016), di Library Plaza Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Di hari kedua ini Lanang Indonesia berkesempatan untuk turut serta dalam salah satu seminar.

Seminar dengan tema Ethnographic Film Today yang diisi oleh Kritikus Film Tonny Trimarsanto ini membahas bagaimana pengaruh antara film dan budaya serta bagaimana kedua hal tersebut saling mempengaruhi.

Menurut Tonny, film dan budaya adalah dua hal yang sulit dipisahkan karena keduanya saling mempengaruhi dan membentuk karakternya masing-masing.

“Ada yang diawali oleh peristiwa atau fenomena budaya akhirnya menginspirasi film. Ada juga para pembuat film yang melihat suatu kondisi budaya atau lingkungan yang ada yang akhirnya dikemas menjadi film dan mempengaruhi orang yang melihatnya,” ucap Tonny kepada Lanang Indonesia.

Dalam hal ini keduanya sama-sama menentukan kedinamisan pandangan atau pola pikir bahkan sampai perilaku suatu masyarakat. Hal itu dikarenakan film dan budaya sama-sama memiliki dampak yang akan terasa langsung bagi yang bersentuhan dengannya.

Baik atau buruk dampaknya tinggal bagaimana kita menyikapinya dan tingkat kedewasaan suatu masyarakat akan menentukan bagaimana hasilnya.

Di akhir seminar, Tonny Trimarsanto juga mengatakan jika kita semua menentukan efek positif dari perkembangan yang ada dalam film dan budaya. Karena efek tersebut tak hanya ditentukan oleh elemen-elemen tertentu dalam masyarakat.

So, pada dasarnya kita semua punya peranan dalam perkembangan yang ada. Jadi kita harus bisa menjalankan peran tersebut dengan baik.