Relationship

Pentingkah Mengetahui Masa Lalu Pasangan?

Setiap orang punya jalan hidupnya sendiri, begitu juga dengan sobat lanang yang sedang membaca tulisan ini. Kita bisa merencanakan jalan hidup kita tapi kadang kita tak bisa menerka apa yang akan kita alami selama menjalani hidup, salah satunya soal asmara.

Dari beberapa pengalaman dan sudut pandang orang yang kami temui, mengatakan jika mengetahui masa lalu pasangan adalah hal yang unik. Kenapa unik? Karena masa lalu pasangan bisa dibilang penting dan tak penting, meski nyatanya semua orang ingin membahasnya bersama pasangan. Apakah sobat lanang juga pernah mengalaminya?

Masa lalu memang bisa menjadi hal yang sensitif tapi juga bisa menjadi hal yang mengasyikkan, tergantung pengalaman masing-masing si pencerita. Jika ingin mengetahui kisah masa lalu pasangan, harus sadar akan konsekuensinya pula.

Salah satu orang yang kami temui berbagi pengalamannya dan juga teman-temannya terkait masalah ini. Ia mengatakan jika mengetahui masa lalu pasangan akan menjadi tabu jika pasangan kita ternyata punya masa lalu yang kurang enak untuk diingat atau diceritakan. Ada juga yang berpikiran jika itu adalah privasi sehingga menganggapnya tabu. Namun mengetahui masa lalu pasangan bisa berdampak positif, di mana proses membangun relasi akan semakin kuat karena kita merasa tahu lebih banyak soal pasangan sehingga lebih lepas dalam menjalin komunikasi.

Sponsored Links

Hal yang perlu disikapi adalah kesiapan diri kita jika ingin mengetahui masa lalu pasangan, karena cerita yang tak enak bisa saja kita dengar. Selain itu mengetahui masa lalu pasangan bisa berdampak pada meningkatnya rasa iri, cemburu dan posesif terhadap pasangan. Disinilah pentingnya untuk menyiapkan diri jika ingin mengetahui masa lalu pasangan. Dampak terburuknya adalah, kemungkinan pasangan membandingkan kita akan lebih tinggi jika kita telah mengetahui masa lalunya karena merasa tak perlu lagi ada yang disembunyikan termasuk sikap membanding-bandingkan.

Catatan pentingnya adalah jangan pernah memaksa pasangan untuk menceritakan masa lalunya, seberapa besar pun rasa penasaran kita. Jangan coba-coba untuk mencari tahunya secara diam-diam, misalnya mencari tahu hal tentang mantan pacar pasangan anda karena bisa menimbulkan pemahaman yang berbeda dengan kenyataan aslinya. Biarkan ia menceritakan dengan sendirinya dan jangan bertanya terlalu detail, karena tak semua hal harus kita ketahui secara persis.

Mengetahui masa lalu pasangan sebaiknya tak anda lakukan ketika di awal-awal menjalani hubungan. Sisi positif yang anda dapatkan adalah bisa lebih tahu bagaimana menghadapi pasangan, bagaimana memperlakukan dia dan menyelesaikan masalah dengannya. Hal ini tentu akan berdampak positif dengan usia relasi anda. Sebagai penutup, penting atau tidaknya masa lalu pasangan kembali lagi kepada anda menilainya. Cerita soal masa lalu dan mantan pacar pasangan anda sebaiknya cukup dijadikan sebagai bahan evaluasi saja, jangan pernah menjadikannya senjata saat anda bertengkar karena bisa menghilangkan tingkat kepercayaan kepada anda.