Olahraga

Perancis, Kemanisan Juara Dan Rekor Piala Dunia 2018

Pertandingan Final Piala Dunia 2018 telah usai, Perancis keluar sebagai juara setelah menaklukan Kroasia 4-2. Stadion Luzhniki menjadi saksi atas 6 gol yang tercipta.

Perancis unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic 18’, lalu Kroasia membalas lewat gol Ivan Perisic 28’. Sepuluh menit berselang, Perancis kembali membalikkan keadaan melalui Antoine Griezmann.

Keunggulan Perancis kembali bertambah dengan gol Paul Pogba 59’, tetapi Kroasia tak patah semangat, sepuluh menit kemudian Kroasia kembali membalas gol lewat Mario Mandzukic. Lalu gol penutupan dilakukan oleh Kylian Mbappe 65’. Skor 4-2 pun bertahan sampai pertandingan usai.

Kroasia adalah kuda hitam yang benar-benar tangguh, ia bermain dengan begitu kolektif sampai di kotak penalti lawan. Namun keberuntungan dan penyelesaian akhir tetap lebih memihak kepada Perancis.

Kemenangan ini mengingatkan akan selebrasi dua dekade lalu, ketika Didier Deschamps dkk yang kala itu masih menjadi pemain berhasil memberi trofi piala dunia untuk pertama kalinya kepada Perancis. Sekarang, Mbappe dkk kembali mengulanginya.

Tak hanya menjadi juara, Perancis juga mencatatkan banyak rekor dalam Piala Dunia 2018. Kylie Mbapper tercatat sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018. Ia menjadi pemain termuda kedua setelah Pele yang mencetak gol di laga final.

Sponsored Links

Lalu bagaimana dengan Kroasia? Meskipun kalah, Kroasia berhasil mencatatkan rekor baru dengan mencapai final. Rekor sebelumnya Kroasia hanya bisa sampai semifinal pada tahun 1998, kala itu Kroasia juga kalah oleh Perancis yang akhirnya menjadi juara.

Selain itu, Kroasia juga menunjukkan jika ia tetap layak diperhitungkan. Luka Modric sang kapten meraih Golden Ball alias penghargaan untuk pemain terbaik sepanjang turnamen Piala Dunia.