Olahraga

Perginya Si Bocah Kentucky di Luar Sirkuit

Dunia balap dikejutkan dengan meninggalnya pembalap legenda MotoGP Nicky Hayden pada Senin (22/5/2017). Hayden yang menderita polytrauma akibat kecelakaan saat sedang bersepeda di Italia. Dirinya menghembuskan nafas terakhir pada usia 35 tahun setelah sempat terbangun dari koma di rumah sakit di Cesena, Italia.

Kecelakaan terjadi setelah sebuah sedan dengan kecepatan tinggi menabrak Hayden yang sedang bersepeda, di mana training sepeda ini adalah bagian dari latihannya untuk menjaga stamina selama di sirkuit. Sesaat setelah kecelakaan Hayden langsung dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan koma dengan trauma serius pada kepala, dada dan abdomen.

Sang Bocah Kentucky (julukan bagi Hayden) meninggal didampingi oleh tunangan dan ibunya di rumah sakit setelah sehari sebelumnya berlaga dalam kompetisi Superbike World Championship di sirkuit Imola, Itali.

Dirinya masuk ke kelas para raja di tahun 2003 dan tiga tahun kemudian menjadi juara dunia MotoGP setelah mengalahkan Valentino Rossi dengan perbedaan poin tipis di seri terakhir balapan. Setelah itu perlahan prestasinya mulai memudar di MotoGP dan membuat dirinya memilih hengkang ke ajang Superbike tahun lalu.

Semua pembalap mengenalnya sebagai pria yang ramah di luar balapan. Jarang terlibat konflik dengan pembalap lain membuat dirinya sekilas mirip dengan Dani Pedrosa yang terkenal sabar dan gentle. Hayden sudah masuk ke dalam jajaran legenda MotoGP bersama 24 pembalap legenda lainnya.

Selamat jalan Hayden, terima kasih untuk musim 2006 yang sangat menghibur.