Grooming

Perkembangan Pomade Dari Masa Ke Masa

Kini banyak pria yang semakin sadar akan penampilan. Hal ini menjadikan pomade sebagai barang yang lumrah ada di rak-rak pribadi para pria. Meskipun sedang tren belakangan, ternyata perkembangan pomade telah ada sejak lama. Pomade sendiri berasal dari bahasa Prancis; pommade yang merupakan zat berminyak, lilin, atau air yang digunakan untuk menata rambut.

Tercatat selama era Romawi, sabun digunakan sebagai pomade oleh beberapa suku Eropa. Pada abad ke-19, lemak beruang biasanya merupakan bahan pomade utama.  Pada tahun 1873 perusahaan Inggris Morgan's Pomade didirikan menjual Hair Darkening Pomade di seluruh Dunia.

Agar sobat lanang tercerahkan akan perjalanan panjang pomade, kami dedikasikan tulisan untuk menambah referensi kalian. Selamat menikmati!

Era Klasik 50 - 70an

Pada era 50an penggunaan pomade mulai ramai, namun pada era ini masih terbatas dikarenakan gaya rambut yang didominasi oleh gaya militer akibat kondisi global dalam masa perang. Pada masa ini pomade yang digunakan adalah Tancho Tique. Kebanyakan gaya rambut yang dipakai ialah Crew Cut & Short dan Neat and Slick.

Memasuki era 60an gaya rambut mulai berkembang pesat dengan penggunaan pomade seperti gaya rambut Rockabilly, Pompadour dan Classic Grease. Di masa ini istilah pomade baru benar-benar digunakan dalam produk penata rambut.

Era Millenium 80 – 2000an

Pada era ini  gaya rambut spiky & Punk serta Hard & Shine banyak digunakan oleh para pria. Mulai populernya budaya pop Jepang juga membuat banyak pria meniru gaya rambut messy, bang flow dan manner & behave. Di era ini pomade dengan water gloss paling banyak digunakan.

Era Kekinian 2010 – Sekarang

Sponsored Links

Itulah sekilas perjalanan pomade dan gaya rambut yang menyertainya. Bagaimana bro, kalau kalian suka yang mana?