Film

Pesan Isu Populasi Lewat Film

Kalian yang gila nonton film sadar tidak kalau beberapa tahun belakangan banyak film yang mengirimkan pesan tentang semakin penuhnya Bumi? Yes bro, Hollywood seakan-akan mendapatkan titipan agenda dari pemerintah dunia soal kepiawaian kita berkembang biak.

Mulai saja dari yang terdekat ada Inferno (2016). Film yang diangkat dari novel karya Dan Brown dengan judul yang sama ini mengisahkan tentang niat seorang ilmuwan untuk mencegah kerusakan Bumi lewat penyebaran serum yang bisa membuat manusia menjadi steril (mandul).

Dilanjutkan dengan What Happened to Monday (2017) yang lebih dark dengan bercerita bagaimana di masa depan manusia bisa menyelesaikan persoalan pangan. Namun ternyata hal tersebut mengubah susunan genetik kita sehingga setiap kehamilan menghasilkan bayi kembar lebih dari dua anak. Hal ini memaksa pemerintah untuk melakukan kendali penduduk dengan cara pemusnahan terkonspirasi.

Paling unik terjadi dalam film superhero kolosal yang tentunya banyak ditonton yakni Avengers: Infinity War (2018). Produksi Marvel ini menunjukkan bagaimana tokoh antagonis, Thanos, ternyata memiliki niat untuk menyeimbangkan alam semesta dengan cara pengurangan penduduk secara acak. Unik karena film ini ditonton secara massal di seluruh dunia  dan menjadi penyampai pesan yang efisien.

Tiga film di atas sebenarnya hanya sedikit dari banyak contoh film yang sudah memberikan pesan tentang bagaimana jumlah penduduk Bumi yang semakin meningkat. Pada dasarnya semua masalah yang kita hadapi hari ini berakar dari soal populasi saja kok bro.

Per hari ini jumlah penduduk dunia tercatat 7,5 miliar, lalu proyeksi PBB setidaknya pada tahun 2030 akan menyentuh 8,6 miliar dan 9,8 miliar pada tahun 2050. Bayangkan akan seperti apa bentuk kehidupan di Bumi dengan angka seperti itu?

Masalah-masalah pasti yang akan terjadi karena jumlah penduduk ini adalah berkurangnya ekosistem alami. Pada dasarnya 14% permukaan bumi tertutup oleh hutan hujan, sedangkan hari ini tercatat hanya 6% dari permukaan planet ini yang tertutup hutan hujan.

Selain itu angka pengangguran dan kriminalitas juga akan meningkat di mana kompetisi yang terus meningkat seiring semakin menipisnya sumber daya yang tersedia. Bagaimanapun bro, hari itu akan datang. Satu-satunya yang bisa kita lakukan hanyalah dengan bersiap-siap. Pilihan skenario sudah disediakan oleh Hollywood, selain gaya Avengers: Infinity War mana yang menurut kalian paling mungkin terjadi?