Motor-mobil

Peta Perang Skutik Maxi dengan Harga Honda Forza

Kabar gembira untuk para penggemar skutik maxi di kelas 250cc, karena akhirnya Honda secara resmi mempublikasi harga Honda Forza 250. Yak bro, Rp 76,5 juta! Sekilas memang terasa mengejutkan, tapi jangan lama-lama kagetnya. Lebih baik yuk sama-sama kita analisa seperti apa peta perang skutik maxi ini di masa mendatang.

Lawan terdekat Forza 250 sendiri tentunya adalah Yamaha Xmax yang sudah lebih dulu menikmati pasar skutik maxi sejak tahun 2017. Dengan harga Rp 57,8 juta pada tahun 2017 Xmax sukses membukukan penjualan sebanyak 10.236 unit. Xmax lumayan laku karena pada saat itu Forza sendiri masih dimasak-masak oleh Honda dan cenderung eksis hanya lewat gosip-gosip.

Tahun 2019 ini jelas peta perang skutik maxi 250cc akan berubah total karena akhirnya Forza bisa menjegal langkah mulus Xmax. Tapi yakin bro? Mari kita kupas kekuatan mereka masing-masing.

for3

Mesin, di sektor ini Forza menang tipis di soal power bro dengan 23hp, sedangkan Xmax ada di 22,5hp. Tapi untuk torsinya Xmax menang dengan 24,3Nm sedangkan Forza pas di 24Nm.

Sponsored Links

Kaki-kaki, lagi-lagi keduanya identik di mana sama-sama menganut ban depan dengan ring 15 berukuran 120/70 dan ban belakang ring 14 dengan ukuran 140/70. Hanya saja kalau Xmax dibekali dengan ban Dunlop sedangkan Forza didukung Pirelli.

Dimensi & kapasitas, dengan dimensi yang lebih raksasa ternyata bobot Xmax lebih ringan dengan 179 kg, sedang Forza yang terlihat lebih kecil berbobot 182 kg. Untuk kapasitas tangki bensin Xmax bisa menampung 13 liter dan Forza 11,5 liter.

for2-1

Fitur, banyak fitur terkini yang sudah ada pada kedua skutik maxi ini, namun yang paling bold adalah fitur adjustable windshield. Pengaturan windshield Xmax masih manual sedangkan Forza sudah elektrik. Selain itu juga lampu sein depan Forza sudah menempel pada kaca spion yang tertanam di tebeng depan, khas skutik moge. Ya, Forza menang kalau di soal fitur bro.

Kesimpulan, peta perang pasti akan mengalami perubahan tapi kabar baiknya mungkin tetap milik Xmax. Dengan selisih harga yang besar sekitar Rp 18,7 juta, seakan-akan kasus lakunya Yamaha Nmax di saat Honda PCX masih berbanderol impor dari Thailand akan terulang.

Forza mungkin akan tetap diminati, namun berat rasanya untuk tidak membahas sentimen harga di kelas yang didominasi oleh konsumen “baru mapan” ini. Kalau kalian sendiri bagaimana bro, pilih Forza atau Xmax?