News

Piala Oscar 2017, Siapa yang Berjaya?

Pergelaran Academy Awards ke-89 atau Piala Oscars kembali bergulir, ajang tahunan bergengsi bagi penggiat film ini menampilkan karya-karya terbaik yang layak mendapatkannya. Siapa sajakah?

Diselenggarakan pada 26 Februari atau 27 Februari 2017 waktu Indonesia, di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Piala Oscars cukup menarik perhatian banyak orang. Para penyaji film pun berebut penghargaan di 24 kategori yang disediakan.

Seperti sudah diprediksi banyak kritikus, film drama musikal La la land sukses menyabet 14 nominasi plus Damien Chazelle sebagai Sutradara Terbaik sekaligus paling muda dalam sejarah piala Oscars di usia 32 tahun, dan Emma Stone sebagai Aktris Terbaik.

Meski agak meleset dimana La la land akan memborong semua nominasinya namun film drama musikal La la land tetap sukses meraih kategori Best Director, Best Actress, Best Cinematography, Best Original Song dan Best Original Song.

Kericuhan dan kebingungan pun sempat terjadi ketika kategori Film Terbaik atau Best Picture telah diumumkan dan La la land yang menjadi pemenang kemudian ditarik karena pembawa acara mengatakan jika ia telah diberikan amplop nama pemenang yang salah.

Diluar itu, hampir tak ada perlawanan berarti dari para pesaing untuk berhasil mengalahkan La la land. Mungkin yang mengejutkan ialah kategori Aktor Terbaik atau Best Actor in a Leading Role yang berhasil diraih oleh Casey Affleck berkat perannya di film Manchester by the Sea.

Kemenangan Casey Affleck berhasil membungkam Andrew Garfields (Hacksaw Ridge), Viggo Mortensen (Captain Fantastic), Denzel Washington (Fences) dan Ryan Gosling (La La Land) yang digadang-gadang akan memenangkan kategori ini.

Meski batal meraih kategori Best Picture, namun La la land tetap berhasil menyamai rekor film-film hebat seperti Titanic (1997) dan All About Eve (1950).