Fashion

Pilih Hitam, Kotak-kotak atau Putih?

Mari membahas acara debat Cagub dan Cawagub DKI, Jum’at malam, 13 Januari 2017. Tapi…bukan tentang isi atau orangnya. Karena saya bukan pengamat politik. Yang akan dibahas adalah hal yang amat sangat saya senangi yaitu style.

Menurut saya, apa yang mereka kenakan sungguh merupakan padanan yang menarik secara visual. Dan, macho, di mata saya, perempuan.

Pria mana yang tidak punya atasan berwarna hitam, motif kotak-kotak dan warna putih di lemarinya? Saya yakin hampir semua pria lebih memilih warna dan motif ini ketimbang yang lain.

Hitam

Warna hitam kesannya misterius. Kalau di jaman sekarang sih, bila ada anak muda yang mengenakan hitam head to toe, kesannya edgy ala-ala rock star gimana gitu. Apalagi kalau ditambah aksesoris rantai di saku celana atau di tangan.

Kaus menyerupai polo (polo shirt) yang dipakai Agus-Sylvi merupakan atasan yang banyak juga dimiliki pria, meski biasanya berlengan pendek. Polo merupakan salah satu jenis kaus.  Biasanya dengan kancing di bagian dada atau ada juga yang berzipper modifikasi seperti yang dipakai mereka. Jangan samakan polo shirt dengan merek Polo yang ada emblem kuda segede bagong di bagian dada. Beda, bro..

Biasanya pria yang mengenakan kaus jenis ini akan terlihat preppy. Preppy look merupakan tipe gaya, mengacu pada gaya mahasiswa lulusan dari sekolah mahal. Gaya berbusana yang neat, clean tapi bisa terlihat kaku apabila pembawaan pemakainya juga kaku.

Bagi kebayakan pria Indonesia yang berkulit sawo matang, warna hitam tidak menjadi masalah. Sebab warna ini termasuk universal di dunia fesyen. Kalau untuk wanita ada istilah little black dress yang wajib dimiliki, nah kira-kira kaus polo hitam untuk pria ini juga harus ada di lemari. Sebab tipe kaus ini bisa terlihat dress down (kasual) sekaligus semi kasual, bila dipadankan dengan material tertentu.

ahy-1-1

Polo shirt modifikasi hitam khas Agus Harimurti Yudhoyono | Dok. Lanang Indonesia

Cowok yang pakai kaus polo hitam terlihat keren kalau padanannya celana jeans biru tua atau celana corduroy warna khaki atau beige. Sepatu bisa sneakers kekinian atau kalau mau terlihat lebih ‘sok’ lagi, dengan sepatu model loafers alias pantofel tanpa kaos kaki. Polo hitam pantas bila dipakai untuk kesempatan siang hingga malam hari.

Nah, warna hitam sebenarnya akan semakin terlihat gagah dan look expensive, apabila dipakai begitu saja, alias tanpa ada tambahan detail bordir atau emblem lain. Kalau sudah ditambah detail sana sini, kesannya terlalu lebai dan seolah ingin menunjukkan bahwa kita ini seseorang/sesuatu, alias “lo emang ga tau siapa gue?”. Meski kalau untuk kampanye sah saja karena jadi eye catching, dari jauh juga sudah kelihatan.

Untuk sehari-hari lebih enak dilihat yang clean. Meskipun kalau saya perhatikan, memang kadang masyarakat kita suka sesuatu yang lebai. Sehari-hari banyak yang berpenampilan heboh. Kalau perlu baju atau aksesorisnya, mereknya kelihatan semua. Kalau clean look merasa gerah, pamernya jadi tidak tuntas.

Kaus ini juga lebih keren bila yang pakai bertubuh atletis langsing. Kalau perut buncit? Hhhmm coba diet dulu, bos.. 

Motif Kotak-Kotak

Kotak-kotak adalah motif.  Ingat lho, motif, bukan warna.  Motif ini merupakan gabungan dari beberapa warna. Misalnya, gabungan dari tiga warna hitam, hijau, merah atau dari dua warna seperti biru dan putih.  Yang dipakai Ahok-Djarot adalah gabungan warna biru tua, merah, putih.

Motif kotak-kotak memang identik dengan maskulinitas, apabila dirancang berupa kemeja. Wanita pun bisa terlihat sedikit maskulin apabila mengenakan kemeja kotak-kotak.

ahok

Kemeja kotak-kotak khas Basuki Tjahja Purnama | Dok. Lanang Indonesia

Tak semua pria bisa terlihat keren dengan motif kotak-kotak. Hanya yang berkarakter can pull it off. Sebab, kalau salah pakai, bisa seperti mengambil  taplak meja dari rumah dan jadi terlihat culun. Saya jadi teringat zaman SMA dulu punya teman-teman pria dari sekolah yang isinya pria semua, mengenakan kemeja kotak-kotak dengan rambut gondrong. Kesannya rebel tapi cool. Me likey

Untuk acara formal, pilih yang motifnya kecil jangan yang besar. Semakin besar ukuran kotak-kotaknya, akan semakin kasual penampilan kita terlihat. Perhatikan pula bahannya. Untuk di udara seperti di Jakarta, pilih yang berbahan katun atau linen. Hindari bahan wool, tweed, atau flannel. Bisa kepanasan, bro..

Putih

Warna ini identik dengan perdamaian dan ketenangan jiwa raga. Terlebih saat menunaikan ibadah umrah dimana saya dikelilingi oleh ribuan umat berbusana putih, hati ini terasa tenang dan jiwa seolah memancarkan aura positif. 

Meskipun dalam tiga bulan terakhir jujur saya stres dan suka deg-deg-an bila melihat serombongan berpakaian putih mulai dari ujung kepala hingga kaki teriak-teriak di jalanan.

Anyway, kembali ke laptop… Pernah dengar istilah, apabila Anda di pagi hari bingung harus mengenakan baju apa, pilih saja atasan kemeja atau kaos berwarna putih, masalah penampilan pun langsung terpecahkan? Nah ini benar.

Wajib hukumnya bagi pria terutama pekerja profesional untuk memiliki kemeja berwarna putih. Ini mencerminkan white collar.

anies

Kemeja putih khas Anies Baswedan | Dok. Lanang Indonesia

Kemeja warna putih paling mudah untuk dipadankan (atau di styling-in, istilah yang sering saya ucapkan), dengan ragam benda fesyen lain. Tak hanya stelan jas, namun juga cardigan atau sweater, hingga celana selutut dan sepatu sandal.

Anies-Sandi memilih warna aman ini yang juga aman untuk warna kulit mereka yang berbeda. Bagi Anda yang memiliki kulit gelap seperti Anies, padankan dengan dengan warna yang netral asal jangan coklat tua karena kulit akan terlihat kusam. Untuk Anda yang berkulit putih tentu tidak masalah dengan padanan warnanya. Pastel pun ok. Pasti akan terlihat cocok. Ohya, kalau mengenakan kemeja, kaus dalaman putih Anda jangan sampai terlihat nongol lho ya..

Yang harus diperhatikan dengan kemeja putih adalah cara kita mencuci. Tidak bisa sembarangan dan selalu pisahkan dengan warna lain. Apabila terlalu sering dicuci di mesin cuci, warnanya akan mudah pudar dan butek. Terlebih bila mesin cuci Anda sudah lama tidak diservis. Bila sudah butek seperti itu, jangan dipakai lagi karena akan menggangu penampilan keseluruhan atau total look. Beli saja yang baru.