Gaya Hidup

Pilih Olahraga Berdasarkan Kebutuhan Badan

Rutin melakukan olahraga adalah hal penting untuk menjaga kesehatan dan fisik tetap bugar. Namun sayang kita seringkali menjalani olahraga hanya karena anggapan agar badan bergerak dan berkeringat. Padahal berbagai macam olahraga mempunyai efek yang berbeda-beda meskipun sama-sama memberi kesehatan.

Menjalani olahraga harus memperhatikan juga jenis tubuh, gaya hidup, kondisi fisik serta tujuan olahraga itu sendiri. Berikut beberapa jenis olahraga dan efeknya pada tubuh.

Fleksibilitas

Jika kita menginginkan tubuh yang fleksibel dan bugar maka olahraga yang tepat ialah yog dan senam. Olahraga ini akan meningkatkan kemampuan gerak tubuh dan menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal.

Kelincahan

Jika kita adalah orang yang aktif dan lincah dalam bergerak maka olahraga yang mampu menjaga kelincahan tubuh kita adalah jawabannya. Kita bisa memilih basket, tenis ataupun sepak bola untuk melakukan itu semua. Melakukan olahraga ekstrim seperti hiking atau trekking juga bisa menjadi alternatif tambahan agar memberi fokus dan konsentrasi yang kuat selain kelincahan.

Kekuatan

Memiliki fisik yang kuat adalah salah satu alasan yang banyak dicari untuk berolahraga. Dalam hal ini aktivitas gym sangatlah tepat. Olahraga gym sangat cepat untuk menambah kekuatan pada fisik kita.

Namun sebelum memulainya pastikan Anda memiliki instruktur dan mengetahui persis kondisi fisik dan kekuatan otot. Hal ini dikarenakan gym memerlukan stamina dan kekuatan otot yang cukup untuk melakukannya.

Daya Tahan

Memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang cukup lama adalah efek yang dapat diberikan dari olahraga bersepeda, berenang, berlari atau joging. Lakukanlah olahraga ini jika Anda menginginkan stamina dan daya tahan tubuh yang cukup lama.

Hal itu karena olahraga tersebut dapat meningkatkan stamina dan mengatur pernapasan kita dengan baik.

Keterampilan Bela Diri

Menginginkan olahraga yang dapat membuat kita pandai dalam mempertahankan diri dan keterampilan individu maka seni bela diri adalah jawabannya. Bela diri akan membantu kita meningkatkan keterampilan dalam diri, menjaga emosional serta kemampuan fisik saat bersinggungan dengan benda-benda cukup keras.

Itu dia beberapa jenis olahraga dan efek yang dihasilkan pada kondisi dan kemampuan tubuh kita. Mana yang menjadi favorit sobat lanang? Keep healthy guys.