Terkini

Pilkada Masa Depan, Pantau Lewat Aplikasi

Pilkada serentak tinggal sehari lagi, masyarakat diharapkan berpartisipasi dalam pelaksanaannya. Mulai dari memilih calon kepala daerah sampai memantau penghitungan suara untuk mengurangi kesalahan pada pelaksanaannya. Untuk mewujudkan hal itu KPU beberapa waktu lalu mengadakan kompetisi aplikasi pemantau Pilkada serentak yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Akhirnya terbuatlah aplikasi yang bernama Pilkadanesia. Aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna Android tersebut bisa memudahkan penggunanya mengetahui informasi terkait pilkada melalui ponsel pintar-nya. Pengguna dapat mengetahui keikutsertaan dirinya dalam pilkada serentak, tepatnya lokasi TPS ia mencoblos.

Pilkadanesia ini dibuat oleh Didats Triadi bersama timnya, Rimbunesia di Malang, Jawa Timur. Hadirnya aplikasi Pilkadanesia diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat. Selain itu, melalui aplikasi ini pengguna dapat menelusuri kandidat di daerah yang diinginkan. Yang terpenting, pengguna dapat memantau hasil pilkada melalui aplikasi ini, tentunya per daerah pemilihan. Adalah salah satunya dengan cara memvalidasi hasil pindai C1 dari situs KPU.

Dengan adanya aplikasi Pilkadanesia, Anda tak perlu repot-repot memantau berbagai sumber satu persatu.