Terkini

PON Sejak Dulu Hingga Kini

Pekan Olahraga Nasional atau PON ke 19 akan segera dilaksanakan pada 17-29 September 2016. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut kemeriahan pesta olahraga nasional 4 tahunan ini. Jawa Barat yang menjadi tuan rumah menyebar lokasi perhelatan di beberapa kotanya, sudah siapkah PON XIX digelar.

Kehadiran PON sendiri pada awalnya bisa dibilang sebagai penyemangat para atlet Indonesia di awal masa kemerdekaan yang tak bisa berangkat dalam Olimpiade Musim Panas XIV di London pada tahun 1948 karena kedaulatan Indonesia yang belum diakui secara global.

Agar tak menelan kekecewaan mendalam, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) yang kini menjadi Komite Olimpiade Indonesia (KOI), sepakat untuk mengadakan Pekan Olahraga yang direncanakan berlangsung pada bulan Agustus atau September 1948 di Solo.

Sejak saat itulah PON secara resmi digelar rutin tiap 4 tahun sekali. Tanggal pembukaan PON pertama pada 9 September 1948, kemudian dijadikan sebagai Hari Olahraga Nasional.

Sejauh ini masih terlihat beberapa kendala yang menyelimuti PON XIX, meski begitu, pihak penyelenggara mengaku jika permasalahan tersebut bisa diselesaikan sebelum acara digelar. Beberapa kendala tersebut seperti venue, proses keabsahan atlet dan sarana penunjang.

Jika memang PON dianggap sebagai barometer keberhasilan daerah dalam pembinaan olahraga yang bisa membangkitkan euforia, maka kata siap adalah suatu keharusan yang wajib ada dalam penyelenggaraannya.

"Para atlet yang berprestasi di arena PON ini, nantinya diharapkan mampu membawa Indonesia dalam event internasional. Apalagi tahun 2018 Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games,” ujar Menteri Koordinator PSDM, Puan Maharani, saat melepas kirab Api PON XIX/2016 di alun-alun Indramayu, Senin (5/9/2016), seperti dikutip dari pon-peparnas2016jabar.go.id.

 

Semoga pesta olahraga yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini bisa menjadi tongkat estafet peningkatan kualitas dunia olahraga kita.