Musik

Potensi Musisi Indonesia Di JOOX Indie Workshop Roadshow

Belantika musik independen Indonesia tumbuh dengan sangat dinamis dan beragam. Hal ini terbukti dengan terus hadirnya musisi-musisi baru di jalur indie yang membawa musikalitas dan talenta yang unik, kreatif dan mencuri perhatian. JOOX sebagai penyedia musik digital streaming di Indonesia, mengadakan “JOOX Indie Workshop Roadshow”, yang bertujuan untuk membekali para musisi indie bisa mengemas dan memasarkan talenta yang mereka miliki secara profesional di era digital.

Sebuah rangkaian workshop yang akan diadakan di empat kota besar yaitu Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta, pada Maret 2018, ini akan menjaring dan meningkatkan kualitas pada musik indie tanah air.

Senior Business Development Director of Tencent International Business Group Benny Ho mengungkapkan jika Indonesia memiliki banyak musisi berbakat yang tersebar di berbagai daerah, namun banyak dari musisi indie tersebut belum memiliki medium untuk menampilkan talenta mereka.

“Misi JOOX adalah memberdayakan industri musik Indonesia dan membantu pertumbuhan musik streaming yang legal dan berkualitas tinggi. Dengan memberi para seniman ini akses langsung ke JOOX, kami membantu musisi lokal untuk menjadi lebih sukses,” ucap Benny.

Maraknya kehadiran musisi indie di Indonesia, tak lepas dari faktor keberagaman budaya di Indonesia yang memberi pengaruh besar dalam pembentukan karakter musisi independen. Selain itu minimnya apresiasi label-label musik mayor juga membuat para musisi indie memilih jalannya sendiri. Oleh sebab itu, JOOX sebagai salah satu aplikasi hiburan di Indonesia ingin menghubungkan pecinta musik indie dengan artis dan musisi favorit mereka.

Menurut Girindra GM Content Department of Tencent Indonesia Prabowo Okky, tujuan JOOX Indie Workshop Roadshow adalah memfasilitasi para musisi indie di Indonesia. “Kami ingin membantu para musisi indie di Indonesia memperluas jaringan distribusi mereka dan terhubung dengan penggemar mereka secara ekstensif melalui platform digital yang legal dan mendapatkan manfaat signifikan untuk mengembangkan musik mereka,” ucap Girindra.

JOOX Indie Workshop Roadshow berusaha membangun ekosistem positif bagi industri musik Indonesia, termasuk musisi indie. Acara ini sendiri akan diadakan di Surabaya pada 14 Maret 2018, Yogyakarta pada 28 Maret 2018, Bandung pada 11 April 2018 dan Jakarta pada 25 April 2018. Acara ini dibuka untuk berbagai musisi indie bertalenta yang sudah memiliki single atau album. Event ini pun terbuka untuk para musisi indie baru yang ingin lebih jauh memahami proses di industri musik digital.

Melalui JOOX Indie Workshop Roadshow, para musisi indie diharapkan dapat meningkatkan bakat dan kreativitas mereka dengan pengetahuan baru tentang pemasaran digital melalui platform musik streaming dan memperluas jaringan distribusi bagi karya-karya mereka. Untuk memberikan pengarahan di workshop ini, JOOX akan menggandeng salah satu tokoh musik indie Indonesia, yakni Wendi Putranto yang merupakan manajer band Seringai.

 

Wendi Putranto nantinya akan bertindak sebagai moderator di empat kota yang dituju oleh JOOX Indie Workshop Roadshow. Rangkaian JOOX Indie Workshop Roadshow yang diawali di Surabaya pada Hari Rabu, 14 Maret 2018 juga akan dihadiri oleh vokalis dan drummer dari band indie lokal Let’s Go C’Mon Baby, Anggie Koeswinanto dan Gede Mbojeh.