Olahraga

Potongan Drama dari Grand Prix Argentina

Seri kedua ajang balap MotoGP 2018 akhirnya bergulir Senin (9/4/2018). Siapa sangka ternyata banyak drama seru yang mewarnai sirkuit Termas de Rio Hondo ini. Mulai dari cuaca yang tak menentu hingga babak baru perseturuan Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Start di seri Argentina ini agak unik, karena Jack Miller yang menguasai pole position start di grid terdepan dan terpisah beberapa grid dengan pembalap di posisi ke dua Dani Pedrosa.

Hal ini dikarenakan pembalap lain mencoba mencari swap motor dengan setting balap basah namun akhirnya tidak jadi, di mana Jack Miller tidak ingin repot tukar-tukar motor dengan setting basah sehingga hanya dia satu-satunya yang tidak menyebabkan balapan delay.

Yang paling mencolok dari balapan ini adalah Marc Marquez yang tampak sedari awal sudah membuat drama-drama kecil di mana motornya sempat mati sebelum start sehingga dirinya harus diganjar dengan penalty. Hukuman ini membuatnya harus tercecer hingga posisi terbawah dari posisi leader namun tidak membuat dirinya menyerah.

marcros2

Perlahan tapi pasti Marquez melewati pembalap-pembalap lain dengan tentunya memberikan manuver-manuver berbahaya. Bisa dilihat dari kegilaanya membawa motor, tak ada satupun pembalap di Seri Argentina ini yang bisa meladeni Marquez. Sempat terjadi kontak saat Marquez hendak membalap Aleix Espargaro. Membuahkan penalty ke dua di mana dirinya harus mundur satu posisi.

Sisa 4 lap terakhir drama terbesar pun terjadi di mana Marquez yang saat itu sudah ada di posisi 7 ingin membalap Rossi yang ada di depannya. Dan usaha Marquez menyodok Rossi pun berbuah kontak yang mengharuskan Rossi terjatuh.

Tampak setelah terjatuh Rossi-pun mengungkapkan kekesalannya. 10 poin pun harus melayang di mana akhirnya Rossi hanya bisa finis di posisi 19. Marquez yang seharusnya ada di posisi 6 pun akhirnya mendapatkan penalty lagi tambahan 30 detik dari waktu normalnya. Hal ini membuat Marquez harus menempati posisi 18.

Setelah selesai di paddock pun Marquez dan timnya berusaha untuk menemui Rossi dengan niat meminta maaf, sayangnya tim Rossi terlalu kesal dan menolak kehadiran Marquez. Mungkinkah ini akan jadi babak baru perseturuan Rossi dan Marquez? Sepertinya sih iya bro! Seri Argentina ini dimenangkan oleh Cal Crutchlow, Johann Zarco dan Alex Rins di posisi ke tiga.

riohondo