Terkini

Presiden Jokowi Saksikan Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total telah berlangsung di Indonesia, mulai dari Presiden sampai masyarakat begitu antusias menyaksikan fenomena langka ini meski sebagian wilayah diselimuti awan.

Sponsored Links

Gerhana berlangsung selama dua sampai tiga jam, namun mencapai fase penuh hanya dalam beberapa menit saja. Gerhana Matahari pertama kali terlihat di wilayah Bangka Belitung dan Berakhir di Maluku Utara. Presiden Joko Widodo pun tak mau ketinggalan menyaksikan fenomena ini, hal itu ia tunjukkan dengan memposting foto dirinya saat menyaksikan gerhana di Istana Bogor lewat akun twitter pribadinya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Masyarakat berbondong-bondong mendatangi lokasi di mana fenomena langka ini terjadi. Tak hanya itu, wisatawan mancanegara juga ikut ambil bagian dalam peristiwa GMT. Perbedaan mencolok pada gerhana kali ini adalah bertepatan dengan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938, yang dirayakan oleh umat Hindu dan disiarkan secara live streaming oleh LAPAN.

Bahkan para ilmuwan dari University of Hawaii Instistute of Astronomy dan lembaga antariksa Amerika Serikat NASA juga turut mengamati peristiwa ini dari Pulau Plun, Halmahera Timur, Maluku Utara.