Launching

Puma Geser Adidas Di AC Milan

Puma dan AC Milan secara resmi mengumumkan kerja sama jangka-panjangnya. Dua brand dengan passion tinggi, ikonis dan ambisius dalam industri sepak bola ini mulai berkolaborasi secara efektif pada 1 Juli 2018. Puma akan menjadi rekanan sekaligus sponsor jersey dan pakaian outdoor lainnya untuk AC Milan.

Bukan hal kecil jika kita membicarakan AC Milan. Ia adalah salah satu klub sepak bola yang paling legendaris dan ikonis di dunia, klub ini juga didukung oleh penggemar setia di berbagai belahan dunia dengan Milanisti-nya. Melalui nilai-nilai yang telah dianut selama 119 tahun, AC Milan telah berhasil mengantongi lebih dari 50 piala berskala internasional dan nasional dimana 7 diantaranya adalah piala UEFA Champions League, terbanyak kedua setelah Real Madrid.

Dengan pencapaiannya yang luar biasa, AC Milan berhasil mencatat namanya sebagai salah satu klub sepak bola Italia paling sukses dalam level internasional dan dalam sejarah sepak bola. Pemilik barunya kini telah mencanangkan rencana yang cukup ambisius untuk mencetak performa teratas.

Dari rilis yang diterima Lanang Indonesia, Selasa (27/2/2018), Chief Executive Officer Puma, Bjorn Gulden, mengatakan: “Kami sangat bangga karena telah berhasil bekerjasama dengan AC Milan. AC Milan adalah salah satu klub yang paling sukses di sejarah sepak bola dunia serta memiliki dukungan yang tak terhingga dari fan base-nya yang memiliki jaringan global. Baik tim maupun pendukungnya sama-sama mencerminkan semangat sepak bola. Saya rasa tidak berlebihan jika saya katakan bahwa jersey Rossoneri merupakan jersey paling ikonis di dunia sepak bola. Kami sangat menantikan kelanjutan dan dampak positif dari kerjasama AC Milan dan PUMA ini.”

Chief Executive Officer AC Milan Marco Fassone, mengatakan: “Saya sangat senang mengumumkan bahwa kini AC Milan telah bekerjasama dengan Puma. AC Milan dan Puma sejauh ini berhasil membangun rasa saling menghargai dan semangat serta nilai yang sejalan terhadap olah raga dan sepak bola. Keduanya mewakili brand bersekala internasional dan akan terus bekerjasama untuk beberapa musim kedepan untuk mencanangkan langkah-langkah stategis untuk mencapak tujuan yang luar biasa baik di dalam maupun luar lapangan.”

Chief Commercial Officer AC Milan Lorenzo Giorgetti, mengatakan: “Kerja sama dengan Puma ini adalah salah satu langkah yang membanggakan bagi AC Milan, kami juga sangat menanti untuk segera memulai petualangan baru bersama. Misi dari Puma yang tertuang jelas pada brand positioning serta klaim “Forever Faster”, sejalan dengan ambisi dari klub kami baik di lapangan maupun sisi pengembangan komersil, dimana Puma akan mendampingi AC Milan sebagai mitra yang ideal dalam musim sepakbola yang akan datang.”

Hadirnya AC Milan menambah lini dan menyempurnakan jajaran klub yang telah didukung Puma sebelumnya seperti, Borussia Dortmund, Arsenal FC. The Football Associations of Italy, Switzerland, Austria, Cameroon, Ivory Coast, Ghana dan Czech Republic dan akan segera disusul oleh Senegal. Selain itu, Puma juga mendukung dan mensponsori sejumlah pemain bola dunia seperti Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Sergio ‘Kun’ Aguero, Cesc Fabregas, Mario Balotelli, Hector Bellerin, Marco Reus, Julian Weigl, Gianluigi Buffon and Yaya Toure.

Kerja sama ini jelas harus menggeser Adidas yang sudah 20 tahun menjadi mitra jersey dan apparel untuk AC Milan. Adidas sendiri pertama kali bekerja sama dengan AC Milan pada musim 1978/79 dan pada 1990-1993. Lalu hadir kembali pada 1 Juli 1998 dan akan berakhir pada Juli 2018. Kerja sama dengan Adidas sendiri harusnya berakhir pada 2023, namun karena ada kesepakatan lain, AC Milan akhirnya bekerja sama dengan Puma.

Jika dilihat dari nominal mungkin nilai kontrak Puma tak sebesar oleh Adidas, yakni berkisar € 10-15 juta euro per musim. Sedangkan kontrak dengan Adidas senilai € 19,7 juta euro per musim. Namun mungkin nominal bukanlah hal utama, mengingat Puma juga merupakan brand dengan histori yang kuat ditambah ikatan persaudaraan antara Puma dan Adidas yang sulit dipisahkan. Di bawah lini Puma, para Milanisti (penggemar AC Milan) sudah tak sabar menunggu jersey terbarunya diluncurkan. Begitu juga dengan semangat meraih trofi baru bersama Puma. Seperti apa desain jersey terbaru Milan dari Puma? Kita tunggu saja bro!