Musik

Ragam Efek Gitar Dan Fungsinya

Bagi kalian yang sering memainkan gitar elektrik, kehadiran efek tentu sangat akrab dan membantu para gitaris untuk menghasilkan bunyi gitar yang lebih bervariasi. Efek digunakan untuk menghasilkan berbagai macam suara gitar dari suara aslinya.

Sebagai seorang gitaris, tentu kalian harus tahu fungsi dan kegunaan dari tiap-tiap efek gitar yang ada. Dan kali ini kita akan membahas beberapa jenis efek gitar serta kegunaannya.

 

Distortion

efek-1

Ilustrasi | Istimewa

Efek distortion dapat menghasilkan dan memecahkan suara menjadi lebih tajam. Jenis efek ini cocok digunakan untuk genre musik rock atau sejenisnya.

Sponsored Links

 

Overdrive

efek-2

Ilustrasi | Istimewa

Overdrive adalah efek gitar yang paling halus. Pedal jenis Overdrive memberikan tekanan atau dorongan pada amplifier sehingga menghasilkan distorsi.

Efek gitar ini akan mensimulasikan suara tabung amplifier ketika berubah menjadi lebih keras. Sehingga memungkinkan gitaris untuk mendapatkan suara yang lebih panjang.

Overdrive juga memudahkan gitaris untuk beralih suara gitar dengan cepat. Efek ini sering digunakan oleh musisi rock, blues, dan pop.

 

Fuzz

efek-3

Ilustrasi | Istimewa

Efek Fuzz adalah jenis pedal yang lebih berbahaya dibandingkan dengan Distortion. Pedal ini akan menghasilkan suara distorsi yang lebih kasar dan dapat menambahkan banyak suara ekstra pada gitar.

 

Delay

efek-4

Ilustrasi | Istimewa

Efek Delay adalah pengembangan dari echo klasik. Fungsinya adalah untuk mengulang suara dalam ritme tertentu.

Efek Delay biasanya diletakan di akhir rangkaian efek dan sering digabungkan dengan efek Reverb.  Dan pada saat melakukan solo gitar, efek Delay akan memberikan kesan suara gitar yang penuh dan lebih padat.

 

Reverb

efek-5

Ilustrasi | Istimewa

Efek Reverb digunakan untuk menghasilkan suara yang lebih besar dan bergema. Efek reverb juga dapat menyebarkan suara ke seluruh ruangan sehingga tidak terasa kosong.

 

Flanger

efek-6

Ilustrasi | Istimewa

Pedal jenis Flanger ini dapat menghasilkan suara seperti hembusan angin.  Efek ini juga bergantung pada tempo kocokan gitar yang dimainkan. Semakin cepat kocokan gitar, maka akan semakin lambat gelombang suara yang dihasilkan oleh efek Flanger ini.

 

Itulah dia beberapa jenis efek gitar yang sering digunakan oleh para gitaris saat perform. Apa diantara kalian sudah ada yang pernah menggunakan efek gitar di atas?