Sosok

Rio Dewanto, Kedai Kopi dan Filosofi

Kopi, siapa yang tak tahu minuman ini, semua orang di dunia mengenalnya. Untuk sebagian orang, kopi jadi minuman untuk mengawali hari sebelum beraktivitas. Tak lengkap rasanya jika belum menikmati secangkir kopi.

Rio Dewanto, penikmat kopi yang satu ini punya kebiasaan tersendiri untuk meminumnya. Baginya kopi adalah media untuk melakukan suatu hal dan bisa menjadi pengantar untuk banyak hal. Saat ditemui Lanang Indonesia di kedai Filosofi Kopinya, ia menceritakan cukup banyak hal tentang kopi. “Buat gue kopi itu media yang sangat penting, bisa jadi penentu dalam banyak hal, bisa bisnis, komunikasi, kenal dengan orang baru”, kata pria yang sedang menyiapkan program acara tentang kopi.

Kini Rio Dewanto memiliki kedai kopi bernama Filosofi Kopi yang terinspirasi dari cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari. Cerpen yang juga diangkat menjadi film oleh Sutradara Angga Dwi Sasongko ini juga melibatkannya dalam film tersebut.

Menurut Rio, Filosofi Kopi bukan hanya cerpen atau film tentang kopi melainkan telah banyak memberinya hal baru. Sebelum terlibat dalam Filosofi Kopi, dirinya mengaku hanya menikmati kopi tak secara dalam. "Jujur dulu gue minum kopi biasa aja, tapi setelah terlibat dalam Filosofi Kopi jadi tahu banyak hal yang gue gak tahu sebelumnya, gue jadi lebih apresiasi dalam minum kopi".