Motor-mobil

Royal Enfield Himalayan Akhirnya Mengaspal Di Indonesia

Setelah menjadi pembicaraan di kalangan pencinta otomotif akhirnya Royal Enfield Himalayan resmi mengaspal di Indonesia. Motor yang diklaim paling definitif untuk perjalanan petualangan para biker ini diluncurkan dalam ajang Indonesia International Motorcycle Show atau IIMS 2018, di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, 19 April 2018.

Hadir dengan mengusung mesin LS 410 terbaru, Royal Enfield Himalayan membuka jalan untuk turing dan petualangan yang lebih murni, tak ekstrim dan lebih ramah untuk dikendarai di Indonesia. Sangat wajar motor ini dinanti-nanti kehadirannya karena Royal Enfield Indonesia hanya memajangnya di beberapa ajang otomotif tanah air. Mesin dengan silinder tunggal, 4 stroke dan SOHC, Royal Enfield Himalayan mampu meraih torsi hingga 32 Nm pada 4.000-4.500 rpm. Ground clearance yang cukup mencapai 220 mm serta bobotnya yang hanya 182 kg membuat Himalayan mampu mengatasi rintangan dengan nyaman bahkan di medan pegunungan Himalaya.

himalayan3

Kombinasi ukuran roda yang optimal memungkinkan control yang lebih baik saat mengendarai batu dan bekas lintasan. Himalayan sendiri didukung oleh platform mesin camshaft overhead yang benar-benar baru dan berevolusi yang membentuk platform untuk mesin LS 410 long stroke yang baru. Mesin ini bisa memberikan torsi tinggi dan daya yang dapat digunakan pada RPM rendah. Hal ini membuat pengendaraan yang mulus di gigi yang lebih tinggi pada kecepatan yang lebih rendah, serta jadi lebih mudah untuk mendaki bukit atau bermanuver di jalanan perkotaan.

Konsumsi bahan bakar Himalayan terbilang sakti. Tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 15 liter mampu menempuh jarak 450 Km. Lalu cluster instrument serhana untuk melacak kecepatan, arah, suhu, waktu perjalanan dan interval servis dihadirkan dalam motor ini.

himalayan1

Desainnya yang modern dan material mesin yang menjanjikan peningkatan efisiensi dan perawatan yang rendah, dengan mesin yang dapat menempuh 10.000 kilometer sebelum dilakukan servis berkala. Royal Enfield Himalayan juga dilengkapi dengan ban dual-purpose yang memberikan cengkraman dan kinerja yang meyakinkan di berbagai kondisi. Selain kontrol pengereman yang lengkap, rem cakram depan 300 mm dan rem belakang 240 mm akan membantu memudahkan upaya pengereman.

Lalu berapakah banderol untuk motor ini? Royal Enfield Himalayan dibanderol seharga Rp 93 juta dengan status on the road dengan dua varian warna khas, yakni Granite dan Snow. Motor ini pun sudah siap untuk dipesan di dealer Royal Enfield Jakarta dan Bali.