Karier

Rumah Jadi Tempat Usaha? Baca Nih Tipsnya

Rasa bosan yang hinggap saat menjadi seorang karyawan dan ingin lebih bersantai dengan memiliki usaha sendiri memang sedang tren. Bahkan demi mengurangi jumlah modal dan efisiensi dalam berwirausaha banyak orang yang menjadikan rumah sebagai markasnya dalam bergerilya atau yang lebih dikenal dengan Home Business.

Meskipun memiliki banyak keuntungan seperti tingkat mobilitas yang rendah dengan pengeluaran yang minim namun bukan berarti kita bisa begitu saja melakukannya. Tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Menurut Dhani Yudhistira, Finansial Planner yang juga seorang wira usaha, mengatakan jika ada beberapa pertimbangan yang sebaiknya jangan diabaikan demi kebaikan dan kelancaran dalam berwirausaha di rumah. Apa sajakah?

Jenis

Tentu ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan di rumah namun tak semua sesuai dengan kondisi rumah kita. Pastikan jenis usaha yang akan kita mulai sesuai sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Ada banyak, bisa laundry, fotokopi, konter pulsa dll. tapi apakah itu sesuai dengan rumah kita, jangan sampai membuka usaha fotokopi tapi rumah kita ada di dalam gang yang jauh dari aktivitas masyarakat.” Ujar Dhani.

Jadi, meski kita punya keterampilan yang cukup akan suatu usaha namun jangan pernah memaksakan jika ternyata rumah kita tidak memadai untuk melakukannya. Terlebih hal itu bisa mengganggu warga sekitar, karena pada dasarnya kita perlu perhatian mereka agar usaha kita bisa lancar.

Area

Berada di mana rumah kita dan dikelilingi oleh apa adalah catatan penting yang bisa menentukan strategi usaha kita. Tentu akan sangat laku jika membuka kafe kalau rumah kita berada di area perkantoran atau pusat keramaian.

“Sedekat apa dengan akses jalan raya, seberapa ramai tingkat mobilitasnya akan menentukan cepat lambatnya cash flow pada usaha kita serta sejauh mana akan bisa bertahan,” tambah Finansial Planner lulusan Universitas Indonesia ini.

Izin

Memiliki usaha di rumah sendiri bukan berarti kita bebas dari segala macam perizinan oleh birokrasi. Pastikan kita telah mengetahui segala macam persyaratan dan peraturan terkait yang ada. Itu semua diperlukan demi kelangsungan usaha kita sendiri.

“Jangan sampai nanti di saat usaha kita maju dan berkembang pesat tiba-tiba ditutup karena menyalahi peraturan dan tak memenuhi persyaratan. Oleh sebab itu penting mengurus semua ini jika memang kita ingin usaha ini berjalan dalam waktu yang lama.” Tegas Dhani.

Eksistensi

Setelah semua urusan dan persiapan dalam berwirausaha tersebut telah selesai dan siap dijalankan maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan menyebarluaskan informasi atas usaha Anda.

“Dalam hal ini lakukanlah sedikit riset kecil agar promosi usaha bisa efektif, semisal dengan mengetahui titik strategis untuk memasang plang usaha di sekitar rumah kita, lalu seperti apa promosinya, apakah lewat selebaran, sosial media atau papan reklame.” Tutup Dhani.

Itulah beberapa poin penting agar niat menjalankan usaha di rumah bisa berjalan dengan baik. Setelah semua itu selesai maka segeralah mulai usaha Anda karena bisnis yang baik adalah bisnis yang telah dimulai. Selamat berwirausaha bro.

ARTIKEL TERKAIT