Motor-mobil

Saat Aprilia RSV4 RF Pakai Winglet

Di ajang balap MotoGP saja urusan winglet ini sendiri sedang ribet-ribetnya diregulasi, namun hal itu tidak membuat Aprilia pusing dan justru menaruh teknologi winglet pada motor produksi massalnya, Aprilia RSV4 RF Limited Edition.

Fungsi winglet diakui memang cukup banyak membantu di MotoGP. Teknologi kasat mata yang sekarang digunakan oleh semua pabrikan ini memang membantu down force motor yang akan menghasilkan akselerasi keluar tikungan menjadi lebih baik, lalu apakah sama fungsinya jika digunakan pada motor jalan raya?

Secara teori sebenarnya winglet ini akan tetap memberikan pengaruh pada aerodinamis motor, apalagi jika kalian gunakan pada kecepatan tinggi dan tentunya di sirkuit. Tidak usah jauh-jauh bro, motor kelas 150cc antara yang fairing dan naked saja akan terasa bedanya jika diadu.

aprilia

Versi FW GP yang senada dengan RF | Aprilia

Pada kenyataannya kehadiran winglet ini sendiri tentunya membuat dimensi si kuda besi lebih lebar dan berpotensi sulit untuk diajak selap-selip di lalu lintas perkotaan.   Hal ini tidak terlalu menjadi masalah toh jika punya motor macam begini kebanyakan hanya akan terpakai di akhir pekan.

Aprilia menjadi yang pertama melakukan branding winglet ini ke pasar. Akankah diikuti oleh pabrikan lain? Kalau sukses tentu, kalau gagal hanya akan terlupakan.

Di Indonesia sendiri Aprilia adalah termasuk pabrikan yang tidak mainstream. Populasinya tak banyak dan jarang sekali meraih hati first timer buyer, jika kalian bisa memilikinya tentunya akan dapat feel hipsternya. Bosan toh kalau nongkrong isinya hanya Ducati, BMW, Harley.  

Diproduksi sangat terbatas, hanya 125 unit membuat potensi motor ini lebih dicari daripada RSV4 RF standar. Jika melihat harganya juga, Aprilia membanderol si limited lebih mahal Rp 14 juta dibandingkan versi tanpa winglet yang ada di kisaran Rp 350 jutaan. Harga ini masih keluar dari pabrik loh ya, belum dihitung kalau sudah kena pajak barang mewah ke sini.

Kesimpulannya, winglet ini hanya gimik jika kalian pakai running di jalan raya. Tapi masih bisa jadi fungsional kalau diajak ke Sentul.