Terkini

Saatnya Indonesia Belajar Vokasi Dari Jerman

 

 

Sistem pendidikan vokasi Jerman telah terbukti mendukung kemajuan industri dan ekonomi Jerman, sehingga banyak negara di dunia meniru sistem pendidikan tersebut.

Hal ini juga menjadi salah satu agenda penting kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Republik Federasi Jerman yang diprakarsai oleh KBRI Berlin, yakni membicarakan peningkatan kerja sama pendidikan vokasi agar sumber daya manusia Indonesia memiliki daya saing dalam menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Indonesia pun secara serius meniru pendidikan vokasi Jerman ini untuk memajukan industri Indonesia, khususnya di bidang kelistrikan, tekstil, maritim dan bidang lainnya,” tutur Presiden Joko Widodo saat kunjungannya ke Jerman.

Keunggulan pendidikan vokasi Jerman itu karena didukung oleh Duales System (kombinasi praktik di industri dan di kelas serta teori) yang berbasiskan pada kolaborasi erat antara institusi pendidikan, perusahaan/industri dan pemerintah.

Dalam keterangan pers yang diterima Lanang Indonesia, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, (17/4/2016) mengatakan jika sudah menyelesaikan pendidikan selama 9 tahun dan ingin langsung  bekerja, maka akan diberikan kesempatan magang dan menerima gaji selama 2 hari dalam 1 minggu untuk mengikuti pelajaran di sekolah vokasi.

Pada kunjungannya ini, KBRI Berlin mengupayakan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para mahasiswa Indonesia yang belajar pendidikan vokasi di Jerman, agar presiden dapat mendengar langsung pengalaman dari para mahasiswa tersebut.

Di Indonesia sendiri, PT Astra International Tbk, melalui Yayasan Astra Bina Ilmu-Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), telah menerapkan Astra Duales System yang terinsiprasi oleh pendidikan vokasi Jerman dengan penerapan 65% praktik dan 35% teori.

Kini Polman Astra telah menyelenggarakan pendidikan vokasi Diploma 3 dengan 4 Program Studi dan 7 Konsentrasi, yakni Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi, Teknik Produksi & Proses Manufaktur, Mekatronika, Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan, Manajemen Informatika, Teknik Otomotif dan Teknik Alat Berat.

Sejak Mei 2015, Polman Astra telah bekerja sama dengan Alfons Kern Schule (AKS) untuk pengembangan instruktur. AKS adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi vokasi di Kota Pforzheim yang bisa ditempuh dengan kereta dari Kota Berlin selama 6 jam.