Kuliner

Sajian Meriah untuk Pesta Akhir Tahun

Sibuk dengan pekerjaan kantor sampai tidak ada jadwal berlibur di akhir tahun ini? atau malas ke luar kota karena macet  dan harga tiket pesawat mahal? Tapi tetap mau membuat moment berkesan di akhir tahun ini.

Gak ada salahnya menghadirkan kemeriahan pesta akhir tahun di rumah. Bersama keluarga atau orang tersayang serta mengundang saudara dan sahabat untuk merayakannya, akan memberi kesan berbeda.

Manfaatkan halaman atau taman rumah sebagai lokasi acara. Tambahkan lampu hias, lilin dalam gelas kecil, atau beri dekorasi buatan sendiri dari kertas krep sebagai pemanis.

Demi mendukung meriahnya acara, jangan lupa sajikan hidangan penuh selera. Masak sendiri boleh juga! Tak harus mahal, variasi hidangan yang tersaji di atas meja makan akan memberikan kesan mewah. Tamu atau undangan pun memiliki banyak pilihan untuk menyantapnya.

seafood

Intip tip dapur LanangIndonesia berikut dalam prepare sajian Barbeque (BBQ) Party untuk menyambut tamu pesta akhir tahun di rumah.

Sajian utama (Main Dish)

Umumnya barbeque  dengan bahan baku daging ayam selalu hadir.  Daging dan seafood seperti udang, cumi-cumi, ikan gurami atau bawal juga menjadi pilihan favorit. Namun harganya terbilang mahal. Pilih ikan sirip kuning dan mujair sebagai alternatif sajian utama ikan yang lebih murah dan citarasa sama nikmatnya.

Sebelum pesta bakaran atau BBQ party dimulai, pastikan semua bahan sudah dibersihkan dan dimarinasi (dibumbui) terlebih dahulu dengan garam, merica bubuk dan perasan air jeruk nipis, 15-20 menit sebelum proses memanggang. Selain itu jika ingin mendapatkan proses memanggang dengan cepat, ungkep atau masak daging ayam hingga setengah matang terlebih dahulu.

Sajian Pelengkap (Side Dish)

Tidak melulu harus menghadirkan nasi atau french fries sebagai pelengkap menyantap, pilihan lain seperti jagung, ubi, singkong, wortel, buncis, labu kuning, singkong, dan terong pun bisa jadi pelengkap menyantap ayam dan ikan bakar.

kentang

Tambahkan bumbu olesan dari campuran saus tomat, saus sambal dan kecap sebagai bahan olesan pada bahan pelengkap saat memanggang.  Jangan lupa, sebelum dipanggang/dibakar, ubi, singkong, labu kuning dan kentang terlebih dahulu direbus setengah matang, tujuannya agar cepat matang saat dipanggang dan mendapatkan tingkat kematangan sempurna.

Hadirkan pula beberapa pilihan sayuran untuk campuran salad seperti irisan kasar daun selada keriting, irisan wortel,  mentimun, kol dan potongan tomat merah. Tak perlu banyak jumlahnya, sesuaikan dengan jumlah tamu undangan.

Saus dan Sambal

Ini bahan pelengkap yang penting pendamping menu utama maupun salad, penambah nafsu makan. Racik saus dan sambal dari bahan sederhana namun bervariasi seperti untuk sambal matah dari irisan cabai, bawang merah, tomat, minyak panas, garam dan penyedap. Sambal kecap dari campuran kecap manis, irisan cabai rawit dan tomat. Sajikan  pula sambal bawang atau terasi sebagai sambal cocol untuk ikan dan ayam bakar.

Selain sambal ala Indonesia, saus pelengkap gaya barat dari bahan utama mayonnaise dapat dikombinasikan menjadi beberapa jenis saus seperti thousand island dari tambahan saus tomat, cincangan bawang bombai, sedikit cuka, mustard, garam, merica bubuk dan gula. Honey mustard, cukup tambahkan mustard dan madu. Atau ingin saus dengan sensasi rasa beda, tambahkan beberapa sendok sambal terasi dan perasan air jeruk nipis dalam semangkuk mayonnaise. Sedap!

Sponsored Links

Cemilan

Ini teman ngobrol selama pesta. Jangan pilih cemilan yang terlalu berat, seperti cake, pastel atau puding. Karena BBQ party biasanya malam hari, potongan buah semangka, melon dan pepaya atau jeruk cukup sebagai cemilan. Ini juga sebagai dessert yang tidak terlalu berat. Pilihan aneka keripik dan kerupuk juga boleh terhidang sebagai cemilan dan pelengkap sajian.

salad

Jika ada tamu kecil (keponakan atau anak kecil), marshmallow yang tusuk dengan selingan potongan buah segar (misalnya stroberi, melon, anggur) menyerupai satai, bisa dihadirkan. Selain dapat dipanggang, cemilan si kecil ini dapat dicelupkan dalam saus cokelat. Pasti mereka senang!

Minuman

Soda dan alkohol, ini minuman pilihan saat kumpul bersama di pesta akhir tahun. Walau pesta di rumah keberadaannya tetap ada.  Tapi tetap hadirkan minuman ‘netral’ dan ringan yang tidak membuat perut kita kembung dan tidak menghilangkan kenikmatan saat kumpul bersama. Infused water bisa menjadi pilihan tepatnya. Sederhana namun beraroma dan menyegarkan. Cukup tambahkan irisan lemon dan daun mint dalam air dingin. Bisa juga bahan lain seperti irisan mentimun, serai, irisan jahe, atau rosemary segar.

Selamat berbelanja dan prepare bahan baku untuk sajian pesta akhir tahun di rumah. Jangan lupa undang Lanang Indonesia ya…. Happy Cooking dan New Year 2018!