Gaya Hidup

Salad Indonesia, Selat Solo

Selat Solo merupakan makanan khas Solo yang berasal dari Surakarta. Berisikan wortel, buncis, timun, kentang goreng, selada, telur kecap, dan daging yang disiram dengan kuah semur ditambahkan mayones homemade yang rasanya kecut segar. Di beberapa restoran atau tempat makan, Selat Solo biasanya diberi irisan daging.

Biasanya banyak ditemui di warung makan yang terdapat di kota Solo. Selat Solo yang dikenal dengan bistik Jawa ini sudah dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang Solo. Sebenarnya ini adalah adaptasi oleh warga Kraton Solo, untuk makanan bistik lon yang dimaksud beefsteak. Isinya terdiri dari daging sapi diiris agak tipis, sekitar 6-7mm, seukuran 15cm x 7cm.

Kuliner khas kota Solo ini sekarang merambah ke Jakarta untuk memenuhi sajian rasa kampung halaman. Kata Selat, konon asal katanya dari salad yang kemudian diucap selat. Demikian juga beefsteak yang dilafalkan menjadi bistik.

Bagi yang ingin mencoba makanan ini di Jakarta tapi tak tahu di mana, bisa datang ke Warung Solo di bilangan Cilandak Timur, Jakarta Selatan.