Sosok

Sally Giovanny, Si Manis yang Sukses Lewat Batik

Kesuksesan memang tak kenal usia dan tempat. Kali ini Lanang Indonesia mengangkat sosok Sally Giovanny, seorang wanita muda imut-imut yang sukses lewat batik.

Biasa dipanggil Teh Sally kesuksesannya telah melebihi wanita-wanita umum yang berusia 27 tahun. Memulai usaha pada 10 tahun silam saat dirinya baru menikah dengan Ibnu Riyanto, perjuangan Sally saat memulai wirausaha bisa dibilang tak mudah. Dia menawarkan batik dagangannya secara manual dengan cara berkeliling pasar.

Sponsored Links

Sally berkeliling di pasar-pasar Jakarta, Bandung dan Surabaya demi mendapatkan pelanggan batiknya. Bisa dibayangkan betapa berat perjuangan Sally untuk memulai bisnisnya. Panas, peluh, dan debu jalanan sudah menjadi teman setia dalam perjalanannya menawarkan produk dagangannya dahulu.

Modal yang dimilikinya pun tak besar dan merupakan uang dari pesta pernikahan dengan suaminya. Waktu akhirnya berpihak pada dirinya sehingga kerja kerasnya membuahkan hasil. Dimulai dari kios kecil, kini kios Sally telah menjelma menjadi toko grosir seluas 1,5 hektar. Tak heran jika gerai batiknya, disebut sebagai salah satu kios batik terluas di Indonesia.

Saat ditemui Lanang Indonesia di gerai batiknya di Jalan Trusmi Kulon No 129, Cirebon. Sally menceritakan banyak hal tentang usahanya. Sally mengatakan jika ia telah memiliki empat ruang pamer batik di Cirebon, dan 5 gerai cabang di beberapa kota besar. Ia juga membuka workshop membatik bagi pengunjung atau wisatawan yang datang untuk sebagai sarana edukasi.

Saat ini Sally telah memiliki karyawan lebih dari 850 orang ditambah 500 pengrajin batik. Omzet yang ia dapatkan bahkan bisa mencapai 100 juta tiap harinya. Sally membuktikan jika sukses tak pandang usia dan menikah bukanlah halangan untuk seorang wanita bisa sukses. Jika wanita seperti Sally saja bisa sukses, lalu bagaimana dengan Anda yang merasa gagah perkasa?