Sosok

Sandrayati Fay, Mengenal Indonesia Lewat Hati


Pipinya agak memerah saat mengatakan siapa namanya. Aksen Amerika-nya tercampur canggung dengan dialek Bali di beberapa kalimat saat mengobrol dengan Lanang Indonesia. Sandrayati Fay adalah sosok cantik pertama yang dengan ramahnya menerima wawancara kami di kaki Gunung Salak.

Sandrayati adalah seorang penyanyi dan penulis lagu berdarah Filipina-Amerika yang lahir dan besar di Pulau Jawa dan Bali. Di usianya yang baru 22 tahun, ia telah banyak menciptakan lagu yang merupakan ekspresinya terhadap alam, identitas dan cinta.

Berkali-kali dirinya mengatakan “Dari Hati” kepada Lanang Indonesia, bukan tanpa sebab, ia mengatakan itu lantaran dirinya merupakan sosok yang menyikapi segala sesuatunya dengan damai dan tenang, bahkan ketika dirinya memutuskan untuk menetap di Indonesia.

Sandrayati saat manggung | Hari Rahmat Saputra

 

Sandrayati kini menetap Bali, setelah menghabiskan waktu 3 tahun belajar teater dan musik di Amerika Serikat. Kini dirinya aktif “One Dollar for Music” foundation serta bekerja dengan organisasi Samdhana yang berfokus pada hak-hak masyarakat, lingkungan dan adat di seluruh Asia Tenggara.

Dua puluh tahun waktunya dihabiskan di Indonesia, Sandrayati mengaku telah jatuh hati pada Indonesia yang begitu kaya akan budaya. Ia pun banyak membuat lagu yang terinspirasi dari kecintaannya pada Indonesia. Tak terlalu membatasi diri pada aliran musik tertentu karena menurutnya bermusik yang paling baik adalah bermusik dari hati.

Meski masih terbilang muda namun Sandrayati sudah pernah berdiri di banyak panggung besar, dirinya bahkan pernah berduet bersama Iwan Fals.

Pada bulan Juni 2016 ini pun ia akan merilis video klip terbarunya di situs YouTube yang berjudul Wilde Bloom.

Dari obrolan yang cukup panjang, dia mengaku jika makanan Indonesia sudah sangat cocok di lidahnya. Beberapa makanan khas terutama yang pedas seperti pecel dan rendang telah lama jadi favoritnya.

Sandrayati di Panggung Eco Music Camp 2016 | Hari Rahmat Saputra

 

Menariknya adalah wanita manis ini juga mengaku suka dengan pria-pria Indonesia karena menurutnya banyak pria Indonesia yang punya hati baik dan beretika. Namun ketika ditanya rencana menikah dengan pria Indonesia, ia hanya menjawab dengan satu senyum tersipu.

Di akhir obrolan, Sandrayati memberikan sedikit clue tentang pria yang bisa disukainya. Baginya “Respect” sangat penting untuk dimiliki seorang pria, tahu bagaimana caranya bersikap dan yang terpenting adalah bagaimana bisa beradaptasi dan memiliki hubungan yang baik dengan alam.