Olahraga

Satu Desain Winglet untuk Satu Musim

Kalian pasti masih menyadari selama musim 2018 ini para pembalap MotoGP masih bergonta-ganti set up winglet mengikuti karakter sirkuit. Hal ini dipastikan tidak akan terjadi lagi di musim 2019 mendatang bro, kenapa?

Pasalnya di saat semua tim bertarung seketat mungkin untuk mendapatkan kemenangan di setiap balapan, bahkan hingga ke soal winglet, ternyata pihak official MotoGP juga tidak mau ketinggalan. Official mengumumkan regulasi baru tentang winglet di mana musim 2019 nanti semua pabrikan harus menggunakan satu jenis desain winglet selama satu musim.

“Di tahun 2019 tim dan pembalap harus memilih satu desain fairing yang akan digunakan selama setahun kedepan. Jadi desain apa yang kalian lihat di seri pertama akan tetap begitu hingga musim berakhir,” kata Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge seperti dikutip dari Crash.

Tak hanya soal bentuk, bahkan official juga meminta untuk bentuk dari winglet itu sendiri sudah terintegrasi dengan body fairing. Jadi tidak ada penampakan baut-baut pengencang seperti sekarang.

winglet2

Honda dan Yamaha masih memiliki winglet yang belum terintegrasi dengan body | MotoGP

Diputuskan demikian karena dirasa bukan hal sulit bagi pabrikan untuk mendesain satu jenis winglet yang paling universal untuk beragam karakter sirkuit. Selain itu para pabrikan juga cenderung melakukan trik-trik untuk menghindari regulasi official soal winglet ini. Maka hilanglah sudah kesabaran pihak official sehingga memperketat regulasi ini.

Winglet itu sendiri berfungsi sebagai penambah downforce yang membuat ban depan motor lebih terikat ke tanah karena bantuan aerodinamika. Hal ini tentunya sangat membantu pembalap untuk tetap mendapatkan traksi ban depan, khususya saat keluar tikungan di mana ban depan rawan mengangkat. Otomatis motor dengan winglet cenderung memiliki lap time lebih baik dibandingkan yang tanpa winglet.

Sponsored Links