Keuangan

Sebelum Lelah, Buat Rencana Pensiun Sejak Dini!

Waktu dan jodoh memiliki kesamaan, sama-sama belum pasti, namun kali ini Lanang Indonesia bukan sedang membahas kapan akan bertemu jodoh. Kali ini kita akan membahas rencana hidup jangka panjang yang tentunya juga berurusan dengan waktu, yakni perencanaan pension dalam berkarier.

Tak akan ada yang bisa memprediksi masa depan, oleh sebab itu merencanakan pensiun untuk mempersiapkan diri adalah hal yang harus dilakukan. Kebanyakan dari kita ketika dalam usia produktif saat bekerja sangat jarang memikirkan hari tua, tapi ternyata hal itu malah akan menyusahkan kita ketika usia senja. Performa yang mulai menurun, prioritas yang semakin banyak serta masalah finansial akan membuat kita sulit untuk fokus memikirkan masa pensiun.

Lalu bagaimana kita agar tetap cerah meskipun usia sudah memasuki senja? Salah satunya adalah mulai pikirkan lebih awal. Biar makin jelas, mari disimak bro!

Buat Tujuan Jangka Pendek

Hal yang paling simpel untuk dilakukan adalah membuat perencanaan jangka pendek, mungkin sekitar 5-10 tahun ke depan. Perencanaan ini akan membantu kalian tetap fokus dan punya motivasi dalam meraih capaian serta prestasi dalam hidup. Selain itu ini akan membantu anda untuk lebih mudah melangkah di hari tua, setidaknya capaian anda akan mengurangi beban dalam banyak aspek.

Sponsored Links

Buang jauh-jauh slogan You Only Life Once (YOLO) atau Hidup Hanya Sekali cukup gunakan ini hanya di media sosial saja, bukan di kehidupan nyata. Slogan ini tanpa sadar hanya membuat kita lebih puas menghabiskan uang untuk lebih banyak traveling dan makan di restoran mewah ketimbang menabung untuk hari tua. Pastikan kebutuhan gaya hidup tercukupi secara proporsional bukan karena hasrat semata. Percayalah, memiliki rumah lebih memuaskan daripada memiliki banyak follower di media sosial.

Duit Mati

Tak hanya menabung, sisipkan juga sebagian kecil penghasilan untuk digunakan sebagai dana darurat. Jangan samakan semua simpanan dalam bentuk tabungan, ya, uang mati ini berfungsi sebagai dana darurat yang baru bisa digunakan ketika anda benar-benar telah bangkrut atau sama sekali tak memiliki tabungan.

Terapkan Pola Pengeluaran Sehat

Agar semua perencanaan tersebut berjalan lancar, pastikan anda juga menerapkan pola pengeluaran yang sehat, bukan hanya pola hidup saja yang sehat. Hindari kata hutang dalam hidup anda, apalagi hanya untuk hal-hal sepele. Kebiasan berhutang hanya akan membebani anda jangka panjang. Lalu berusaha untuk tidak menggunakan kartu kredit, apalagi hanya karena alasan ingin belanja dengan banyak promo dan diskon.

 

Sebelum jauh berpikir tentang hari tua pastikan kita juga telah memiliki amunisi yang memadai untuk menghadapinya. Karena merencanakan masa tua saja tak akan berarti tanpa langka yang nyata. Selamat berjuang bro!