Motor-mobil

Sehatkan Motor Sebelum Mudik

Bicara lebaran wajib hukumnya bicara mudik. Tradisi pulang ke kampung halaman ini adalah sebuah keharusan bagi mereka yang ingin melepas rindu dengan kampung halaman dan orang tua. Banyak yang senang pakai angkutan umum, tapi tidak sedikit juga yang berani gas pol dengan motor sendiri. Meski tak direkomendasikan oleh pihak berwenang namun nyatanya sepeda motor masih menjadi primadona karena praktis dan terjangkaunya biaya. Lalu jika memang tekad sudah bulat untuk naik motor sampai kampung halaman, sangat wajib kita memperhatikan aspek-aspek penting berikut ini. Rantai Rantai merupakan distribusi terakhir dari mesin ke roda. Fungsinya menjadi sangat penting karena apalah artinya mesin 1000 cc jika rantainya tak ada.

Pastikan tingkat kekencangan rantai sesuai standar sehingga tak berisiko rusak saat dipakai perjalanan jauh. Standar kekencangan rantai bisa dilihat pada buku manual kepemilikan motor. Bawa pelumas rantai yang berukuran kecil, karena rantai harus dilumasi setidaknya setiap 500 km perjalanan.

Bagi pengguna skuter, periksalah kelayakan V-Belt sebelum perjalanan. Ganti yang baru jika diperlukan untuk lebih memastikan keamanan selama perjalanan mudik.

Rem Kualitas pengereman kendaraan sangat penting apalagi saat digunakan jarak jauh. Periksalah ketebalan kanvas rem. Untuk menjaganya agar tetap awet, gantilah kanvas rem secara rutin dan bersihkan piston hidroliknya setiap 2 bulan sekali.

Selain itu juga pastikan minyak rem dalam posisi yang cukup. Perjalanan panjang dengan trek datar yang lurus seperti Pantai Utara tidak akan terlalu banyak menguras daya tahan rem, lain cerita jika jalur selatan yang Anda gunakan.

Accu dan Pembakaran Accu bagi motor sangat penting, terutama untuk skuter matik yang telah menjadi jantungnya. Periksalah tegangan accu, ukuran normal biasanya berada di 12 volt. Apabila kurang dari itu bisa memberi kendala saat menyalakan dan dapat merusak ECM atau unit kontrol mesin. Untuk kendaraan yang telah menganut sistem injeksi dengan sistem pembakaran yang canggih seperti blue core dan PGM-FI sebaiknya serahkan urusan ceknya ke bengkel resmi terdekat.

Mesin Di dalam mesin yang sehat tersimpan mudik yang selamat. Full service mesin bila perlu untuk motor yang telah berumur lebih dari satu tahun. Saat full service tersebut kita bisa menemukan apa saja yang perlu diperbaiki atau diganti untuk menghadapi perjalanan panjang Anda menuju kampung halaman.

Ban Pastikan tekanan ban pas sesuai standar pabrikan. Ban yang rendah tekanan anginnya akan memberikan grip sempurna pada aspal namun meminta kinerja mesin yang lebih, ban yang terlalu tinggi tekanannya akan lebih licin namun ringan digas.

Ketebalan dan kelenturan ban juga berpengaruh, pastikan ban Anda masih laik pakai. Hindari menggunakan ban slick karena Anda ingin mudik, bukan balapan toh!